Pesan Shin Tae-yong ke Timnas U-19 yang Batal Unjuk Gigi

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 18 Jan 2021 13:05 WIB
Shin Tae-yong
Pesan Shin Tae-yong ke Timnas U-19 yang Batal Unjuk Gigi (PSSI)
Jakarta -

Shin Tae-yong berpesan buat Timnas Indonesia U-19 yang gagal tampil di Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20. Ia harap pemain tak putus asa dan tetap semangat.

Keputusan AFC membatalkan Piala Asia U-19 membuat Timnas U-19 tak punya kesempatan unjuk gigi. Sebelumnya FIFA juga sudah membatalkan Piala Dunia U-20.

Padahal, Timnas U-19 sudah menggelar persiapan panjang sejak awal Januari 2020. Berbagai pemusatan latihan (TC) di luar negeri pun sempat dijalani Bagas Kaffa cs.

Tapi apa boleh buat, pandemi COVID-19 membuat semua persiapan itu terasa sia-sia. Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20 sama-sama digeser ke 2023 yang berarti Timnas U-19 sudah pasti akan memakai pemain berbeda pada dua ajang itu nantinya.

"Kepada pemain kami harap tetap semangat, bekerja keras dan terus berikan hasil yang maksimal saat latihan maupun bertanding. Karena karier mereka masih panjang dan banyak turnamen atau kompetisi yang akan diikuti," kata Shin Tae-yong dalam rilis federasi.

Shin Tae-yong pun dari awal sudah langsung fokus menangani Timnas U-19 untuk persiapan dua ajang itu. Padahal, ia juga bertugas untuk menangani Timnas Indonesia U-23 dan Timnas Indonesia senior.

Maklum, Indonesia mau berprestasi di Piala Dunia U-20 karena berstatus tuan rumah. Pemerintah pun sempat mengucurkan dana sebesar Rp 50,6 miliar untuk mendukung persiapan Timnas U-19.

"Kami sudah melakukan persiapan selama satu tahun. Sayang Piala Dunia U-20 dan Piala Asia U-19 harus batal. Para pemain sudah menunjukkan perkembangan yang baik dan hasil yang maksimal," ucap Shin Tae-yong.

Cuma ada tiga nama di skuad Timnas U-19 saat ini yang masih berpeluang tampil di Piala Asia U-19 dan Piala Dunia tahun 2023. Mereka adalah Alfriyanto Nico Saputro, Erlangga Setyo, dan Kakang Rudianto.

Tapi tak ada jaminan bagi Nico, Erlangga, dan Kakang untuk terus bertahan di Timnas U-19. Seiring berjalannya waktu, tempat mereka di Garuda Muda bisa saja digantikan oleh pemain lain.

(aff/cas)