sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 20 Jan 2021 20:30 WIB

Shopee Liga 1: Gundah Gulana Para Pemain Asing di Indonesia

Muhammad Robbani - detikSport
Penyerang Persija Jakarta Marko Simic Shopee Liga 1: Gundah Gulana Para Pemain Asing di Indonesia (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta -

Shopee Liga 1 2020 akhirnya dibatalkan. Sebelumnya, banyak suara pemain asing yang sudah gerah karena nasib kompetisi yang tidak jelas.

Padahal kompetisi sudah vakum sejak pertengahan Maret 2020. Artinya sepakbola absen selama hampir satu tahun. Kondisi itu membuat sejumlah pemain asing akhirnya memutuskan cabut.

Sudah ada hampir 50 persen pemain impor yang meninggalkan klub-klub Shopee Liga 1. Cuma beberapa klub yang semua pemain asingnya masih bertahan. Misalnya Persib Bandung atau Persija Jakarta.

Persiraja Banda Aceh dan Persik Kediri bahkan sudah ditinggal semua pemain asingnya. Kondisi ini bisa dipahami karena pemain asing butuh kepastian saat mengadu nasib di negeri orang.

Persija dan Persib cukup beruntung pemain-pemain asing andalannya masih bertahan. Masih ada harapan buat dua klub ini untuk tetap kompetitif saat kompetisi digelar lagi.

Tapi, beberapa pemain asing yang bertahan di Indonesia sudah mengungkapkan rasa gelisahnya. Terkini, Simic meminta dipinjamkan Persija andai nasib kompetisi terus tak ada kepastian.

Terkini, PSSI baru saja memutuskan menghentikan Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 saja pada rapat Komite Eksekutif (Exco) pada, Rabu (20/1/2021). Otomatis kompetisi akan dilanjutkan dengan membuka musim 2021. Tapi masih belum ada kepastian kapan musim 2021 akan diselenggarakan karena masih terkendala izin dari kepolisian.

Berikut deretan komentar pemain-pemain asing yang mengungkapkan kegelisahannya:

1. Marko Simic

Indonesia adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang sepakbolanya belum jalan. Saya punya kontrak panjang di Persija, jika situasi ini berlanjut maka harus ada solusi

Kami sebenarnya sudah mulai berlatih pada awal September karena ada rencana kompetisi lanjut pada Oktober. Tetapi pada akhirnya batal.

Saya benar-benar berencana untuk meminta pindah dengan status pinjaman karena mungkin kompetisi belum bisa lanjut sampai Bulan Juni.

Untuk menjadi yang terbaik, saya harus tetap bermain. Tahun ini, target saya adalah menjadi juara lagi.

Persija Jakarta bermain imbang 1-1 dengan Persib Bandung di pekan ketujuh Liga 1 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (10/7/2019). Sempat unggul lewat Marko Simic, Macan Kemayoran dibobol Artur Gevorkyan.Marko Simic (Rifkianto Nugroho/detikSport)

2. Marc Klok

Bola adalah teman, kata Captain Tsubasa. Kamu bisa bayangkan, saya tidak ada teman 10 bulan.

Mungkin dibatalkan? Ayo, kami sudah menunggu sepuluh bulan untuk kompetisi. Tapi, masih abu-abu? Masih mungkin dibatalkan?

Di mana profesionalisme? Di mana kejelasannya? Di mana keputusan? di mana kejelasan? Orang tidak punya waktu untuk menunggu lagi. Di mana cinta untuk sepak bola.

[Gambas:Instagram]




3. Marco Motta

Sejak saya kecil, akhir pekan adalah selalu tentang sepakbola. Di setiap bagian dunia, tentunya dengan kebijakan yang tepat mengenai situasi yang sulit seperti saat ini, mereka tetap bisa melanjutkan kompetisi.

Mengapa hal ini masih tidak memungkinkan terjadi di Indonesia? Kapankah pengumuman dari semua otoritas yang terkait tentang tanggal resmi dimulainya kembali?

Saya menghormati keputusan yang dibuat, tetapi saya juga benar-benar berusaha untuk memahami situasinya. Sepakbola selalu berarti untuk semua penggemar, selalu ada gairah dan ikatan emosional.

Sekarang yang kami butuhkan adalah hanya sekadar 90 menit yang penuh dengan emosi dan energi positif. Sepak bola selalu bisa memberikan perasaan itu kepada kita. Setelah 10 bulan, sepakbola sudah sepantasnya untuk kembali!

[Gambas:Instagram]




4. Brwa Nouri

Pandemi ini telah memberikan dampak di semua elemen kehidupan. Orang kehilangan mereka yang disayangi, nyawa, pekerjaan, dan menjadi depresi

Dampak juga saya rasakan dan rekan-rekan di sepakbola. Sampai kini liga belum dimulai meski janji sudah diutarakan. Setiap hari kami mendapat berita yang berbeda tentang kapan liga akan dimulai.

Hal seperti ini membuat sepakbola Indonesia masuk di peta dunia? Betul, tapi dari sisi negatifnya. Kalian pikir saya dan rekan-rekan merasa dihargai dan peduli dengan kami? Atau kalian akan menjawab dengan jawaban yang selalu kalian katakan 'Inilah Indonesia'.

Saya cinta dan peduli dengan negara ini dan saya merindukan apa yang saya paling sukai (bermain sepakbola). Sekarang ribut Pilkada atau tak Pilkada, atau apapun alasannya, kalian telah membuat saya dan banyak lainnya untuk menunggu dan sabar untuk memulai pekerjaan kami.

5. Melvin Platje

Ini situasi yang sangat sulit. Sebagai pemain asing yang bermain di Indonesia tentu hal yang sulit. Saya hanya bisa menunggu keputusan terbaik mengenai pelaksanaan kompetisi.

Semua pemain tentu menunggu kepastian kompetisi. Sementara saya harus menunggu informasi agar bisa tahu apa yang harus saya lakukan.

Pesepakbola Bali United Melvin Platje (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Madura United saat pertandingan Liga 1 2020 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (15/3/2020). Dalam pertandingan tersebut, Bali United berhasil mengalahkan Madura United dengan skor 3-1. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww.Melvin Platje (Antara/Fikri Yusuf)

6. Wander Luiz

Bagi saya ini tidak bagus, khususnya bagi pemain. Karena kami perlu bermain, kami perlu berlatih, dan kami harus kehilangan satu tahun, jadi itu tidak bagus.

Kami memulai musim dengan sangat baik karena dalam tiga pertandingan bisa meraih tiga kali kemenangan dengan total 9 poin. Dengan tim yang ada saat ini saya pikir kami bisa memenangi liga musim ini. Jadi tentu itu mengecewakan.

Saya pikir kami akan kembali di Januari dan berharap tidak ditunda lagi. Dan semoga ketika kami kembali bermain di liga bisa melanjutkan performa di awal dengan meraih kemenangan dan bermain dengan bagus seperti kemarin.

7. Nick Kuipers

Membayangkan negara paling fanatik dengan sepak bola, tapi tak memiliki kompetisi. Sepak bola adalah hidup kami, kembalikan hidup kami itu.

[Gambas:Instagram]




(aff/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com