sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 21 Jan 2021 18:45 WIB

Klub ke PSSI & PT LIB: Usai Batalkan Shopee Liga 1, Lalu Bagaimana?

Muhammad Robbani - detikSport
Ilustrasi Shopee Liga 1 Klub-klub tuntut PSSI dan PT Liga Indonesia Baru siapkan langkah usai batalkan Shopee Liga 1 2020. (Foto: dok. detikcom)
Jakarta -

Sejumlah klub Shopee Liga 1 mendesak kepastian jadwal baru setelah pembatalan kompetisi musim 2020. Saat ini belum ada keputusan kapan musim baru akan digelar.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Alamsyah Satyanegara Sukawijaya alias Yoyok Sukawi berujar bahwa belum ada kepastian musim baru. PSSI baru akan membahasnya dalam Kongres Tahunan pada akhir Februari mendatang.

Kini klub-klub disebutkan menyarankan kompetisi digelar setelah lebaran. Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, menyebut klub menilai pertengahan tahun adalah waktu yang ideal untuk berkompetisi lagi.

Sementara itu, rapat Exco teranyar pada, Rabu (20/1/2021), baru memutuskan pembatalan kompetisi musim 2020 saja. Belum ada keputusan terhadap dampak penghentian kompetisi terhadap masalah hukum terkait kontrak pemain dan sponsor hingga jadwal musim baru.

Untuk itu, klub-klub Shopee Liga 1 pun kini menyuarakan agar ada kepastian musim baru. Dengan begitu, persiapan pun bisa digelar para klub peserta jika sudah ada kejelasan.

"Sekarang sudah ada satu langkah yang dilalui, semoga ke depannya juga segara disampaikan keputusan-keputusan. Terutama soal kapan kompetisi akan dimulai," kata Manajer Persita Tangerang I Nyoman Suryanthara dalam rilis klub.

"Kalau sudah ada keputusan, kami juga bisa mengambil langkah selanjutnya. Baik itu soal persiapan tim dan juga soal kebijakan selanjutnya," ujarnya.

Hal senada juga disuarakan Persib Bandung. Manajemen Maung Bandung mau PSSI dan PT LIB langsung membuat keputusan lainnya.

Disebut Direktur PT. Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono, klub merasakan betul dampak pembatalan kompetisi.Shopee Liga 1.Harapan mereka, PSSI jangan setengah-setengah dalam memutuskan sesuatu.

"PSSI dan LIB harus segera mengeluarkan petunjuk pelaksanaan dari pembatalan ini, karena pembatalan ini memiliki konsekuensi yang signifikan, baik dari segi komersial dan hukum terhadap semua klub," tutur Teddy.

"PSSI/LIB harus segera memastikan tanggal berapa Liga 2021 akan dilaksanakan, semua klub perlu kepastian. Tidak bisa hanya bilang akan dilakukan setelah Lebaran. Semua klub perlu melakukan perencanaan, baik dari sisi teknis dan non-teknis," ucapnya.

(cas/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com