AFC Lagi Cari Tuan Rumah Liga Champions Asia, Piala AFC Bagaimana?

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 03 Feb 2021 15:00 WIB
Logo AFC, AFC
AFC Lagi Cari Tuan Rumah Liga Champions Asia, Piala AFC Bagaimana? ( Foto: dok. AFC)
Jakarta -

AFC sedang mencari calon tuan rumah fase grup Liga Champions Asia (LCA) 2021 dan Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang digelar terpusat. Bagaimana dengan Piala AFC?

Baik LCA maupun Piala AFC sudah diputuskan akan digelar secara terpusat (sentralisasi). Sisa laga Kualifikasi Piala Dunia juga berpeluang akan menggunakan format serupa.




Peserta Grup G Pra-Piala Dunia, termasuk Indonesia, misalnya yang dikabarkan sudah menyetujui lanjutan laga digeser ke Juni dari yang seharusnya digelar Maret. Jika itu terjadi, besar kemungkinan laga lanjutan bakal digelar terpusat.

Nah, AFC kini sedang mencari negara mana yang siap untuk menjadi tuan rumah LCA. Siapapun yang terpilih nantinya, kemungkinan besar juga akan menjadi tuan rumah Pra-Piala Dunia.

Khusus ini, Indonesia tak berhak mengajukan diri menjadi tuan rumahnya. Karena hanya ditujukan buat asosiasi member AFC yang punya perwakilan di LCA saja, sementara Indonesia cuma kebagian jatah Piala AFC.

Lalu, bagaimana dengan Piala AFC. Apakah AFC juga mencari tuan rumah? Sebagaimana diketahui, Indonesia merupakan salah satu asosiasi member AFC yang punya perwakilan tampil di ajang ini.

Bali United sudah memastikan diri bakal tampil pada fase grup Piala AFC. Sementara Persipura Jayapura punya potensi menyusul andai menang pada babak play-off.

"Iya kami sedang menunggu surat (dari AFC) nih. Nanti akan saya laporkan ke Ketua Umum (PSSI, Mochamad Iriawan) dan Komite Eksekutif dulu," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada detikSport soal potensi Indonesia menjadi tuan rumah Piala AFC.

Banyak persyaratan yang diajukan AFC buat para peminat tuan rumah LCA. Misalnya menanggung pembiayaan latihan, ongkos perjalanan dan akomodasi, hingga biaya medis para peserta. AFC tetap akan memberikan semacam dana subsidi buat tuan rumah, meski tak penuh.

"AFC membuka pendaftaran buat peminat tuan rumah (LCA) untuk mengajukan diri sampai tanggal 15 Februari 2021," tulis pengumuman Federasi Sepakbola Thailand (FAT) di laman resmi mereka.

Negara dengan penanganan pandemi COVID-19 paling baik kemungkinan yang akan dipilih AFC. Jika AFC juga mencari calon tuan rumah Piala AFC, persyaratannya mungkin tidak akan jauh berbeda dengan LCA dan Pra-Piala Dunia.

AFC sudah berpengalaman menggelar LCA secara terpusat sebagaimana yang terjadi musim lalu. Qatar menjadi tuan rumah dari lanjutan fase grup Zona Timur hingga babak final.

Tapi Piala AFC 2020 tak seberuntung LCA. Ajang itu harus dihentikan tanpa pemenang. Saat itu Indonesia diwakili Bali United dan PSM Makassar.

(krs/ran)