sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 06 Feb 2021 16:00 WIB

Asnawi Bisa Main di Korea, seperti Ini Peran Serta Shin Tae-yong

Mercy Raya - detikSport
Asnawi Mangkualam Asnawi Bisa Main di Korea, seperti Ini Peran Serta Shin Tae-yong. Foto: dok. detikSport via zoom
Jakarta -

Asnawi Mangkualam Bahar segera menuntaskan ke klub Korea, Ansan Greeners. Asnawi pun bercerita soal peran serta Shin Tae-yong di balik kepindahannya itu.

Dalam jumpa pers dengan pewarta melalui aplikasi Zoom pada hari Sabtu (6/2/2021), pemain berusia 21 tahun itu menyebut bahwa proses kepindahannya ke Ansan bermula dari Grabriel Budi, salah satu agen pemain.

Agen pemain ini awalnya menghubungi Ansan, yang kemudian merespons hal itu dengan permintaan rekomendasi dari pelatih Timnas, Shin Tae-yong. Sebagai pemain timnas, Asnawi pun diketahui kemampuannya oleh Shin.

"Jadi dari bang Gabriel Budi yang mengusulkan ke pihak Ansan. Lalu pihak Ansan minta rekomendasi dari kepala pelatih Timnas," kata Asnawi Mangkualam.

Lebih lanjut, Asnawi menambahkan, sebelum Shin Tae-yong memberikan rekomendasi untuk Ansan pelatih asal Korea Selatan itu lebih dulu berkomunikasi dengannya melalui asisten pelatih kiper, Yoo Jae Hoon.

"Ia (Yoo Jae Hoon) menghubungi dengan WhatsApp, katanya ada yang menghubungi coach Shin dari Korea. Saya mengiyakan ada komunikasi dari klub Korea. Lalu Yoo bilang, kalau saya berniat dan serius, coach Shin akan membantu untuk komunikasi ke sana, karena di sana banyak teman coach Shin yang bisa bantu agar cepat adaptasi di (Korea) sini," dia menjelaskan.

Setelah proses beberapa hari itulah, ditambah dengan rekomendasi dari Shin Tae-yong, Asnawi akhirnya ditawari kontrak satu tahun oleh Ansan Greeners, tim asuhan Kim Gil-sik.

Di Ansan Greeners sendiri, Asnawi Mangkualam sebenarnya mendapatkan gaji yang lebih kecil ketimbang yang ia dapatkan dari PS Makassar. Tapi ia tak terlalu memikirkan hal itu.

"Kalau soal nilai, kontrak saya di sini (Ansan) dengan di PSM Makassar turun. Tapi yang terpenting yang saya pikirkan saat ini bukan harganya tapi kesempatan yang saya dapat itu sangat berharga buat saya," ujarnya.

"Karena sudah lama, sejak sekitar 4 tahun masuk klub profesional sudah menunggu momen ini untuk kesempatan main di luar."

"Memang sudah sangat lama saya nantikan kontrak luar negeri dan saya juga tidak bakalan, soal harga itu nomor dua buat saya, untuk saat ini, yang terpenting bisa main di luar negeri dulu," Asnawi Mangkualam menegaskan.

(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com