sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 26 Jan 2021 16:45 WIB

Shin Tae-yong: Asnawi Mangkualam Bisa Bersaing di K League 1

Muhammad Robbani - detikSport
Shin Tae-yong Shin Tae-yong yakin Asnawi Mangkualam bisa bersaing di K League 1. (Foto: PSSI)
Jakarta -

Asnawi Mangkualam dinilai layak bermain di Korea Selatan. Bahkan ia dianggap juga bisa bermain di K League 1. Begitu menurut pendapat Shin Tae-yong.

Pemain muda Indonesia itu dikabarkan direkrut klub kasta kedua Liga Korea Selatan atau K League 2 yakni Ansan Greeners. Tapi, sejauh ini belum ada pengumuman resmi dari pihak klub, PSM Makassar, maupun pemain ataupun perwakilannya.

Terlepas dari itu, Shin Tae-yong percaya diri anak asuhnya di Timnas Indonesia itu bisa bersaing di Korea. Karena alasan itu pula ia tak ragu untuk merekomendasikan Asnawi ke Ansan Greeners.

"Pemain ini (Asnawi) nomor 1 di hati saya. Dia pemain yang tak akan saya sesali (untuk direkomendasikan)," kata Shin Tae-yong dikutip dari Chosun.

"Dia pemain yang tak cuma bisa bermain di K League 2, tetapi juga K League 1. Pemain Indonesia banyak tertinggal soal semangat bersaing dan juga inferior dibandingkan dengan pemain Korea. Tapi dia punya kekuatan mental dan fisik," ujarnya menambahkan.

Asnawi sebenarnya belum banyak mendapatkan kesempatan berlatih di bawah arahan Shin Tae-yong. Ia baru sebentar merasakan latihan bersama Timnas Indonesia, sementara Shin Tae-yong lebih banyak fokus bersama Timnas Indonesia U-19.

Meski kebersamaan mereka singkat, tapi Shin Tae-yong sudah yakin saat melihat kemampuan Asnawi. Pemain yang masuk team of the season Shopee Liga 1 2019 itu dinilai Shin Tae-yong punya power yang menjadi kelebihan utamanya.

"Di Timnas, dia biasanya menjadi bek kanan, tapi kalau dibutuhkan dia juga bisa menjadi gelandang bertahan. Ketika melakukan man-marking, dia terus mengejar pemain lawan ke manapun," ujar pelatih asal Korea.

"Begitu gayanya memang, dia tak cuma sekadar asal menendang bola. Dia benar-benar punya mental yang kuat," ucap Shin Tae-yong lagi.

(cas/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com