Ada Sinyal Shopee Liga 1 Bakal Kickoff, Shin Tae-yong Bilang Begini

Mercy Raya - Sepakbola
Kamis, 11 Feb 2021 17:00 WIB
Timnas Indonesia menuju SEA Games 2021
Shin Tae-yong memberi komentar Shopee Liga 1 akan segera bergulir. (Foto: dok. PSSI)
Jakarta -

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyambut positif rencana kompetisi sepakbola yang akan bergulir. Ia juga memberikan saran. Apa itu?

Polri sudah memberi sinyal lampu hijau untuk sepakbola, termasuk Shopee Liga 1, bisa menggulirkan kembali kegiatannya. Lanjutan dari isyarat positif itu dengan digelarnya rapat koordinasi yang menyeluruh dari pihak-pihak terkait.

Kemenpora, Polri, Satgas COVID-19/BNPB, cabor, operator liga, serta KONI Pusat merupakan pihak-pihak yang melakukan pembahasan, Rabu (9/2/2021).

Kendati dalam rapat tersebut belum ada keputusan tapi peluang untuk diberikan izin tetap ada. Asalkan, PSSI dan PT LIB juga bisa menjamin suporter tidak bakal hadir di stadion dan menerapkan protokol kesehatan ketat serta disiplin.

Shin Tae-yong, yang dimintai pendapatnya oleh pewarta soal kemungkinan liga bakal bergulir, kembali ikut senang. Menurutnya, sudah seharusnya Indonesia bisa menggelar kompetisi.

"Menurut saya memang liga harusnya bergulir. Mungkin bisa seperti liga Korea. Pertama tanpa penonton, tapi lama-lama mereka boleh masuk 25 persen," kata Shin kepada pewarta.

Pelatih asal Korea Selatan itu pun berharap federasi dan operator bisa lebih meyakinkan pihak kepolisian. Polri baru mau memberi rekomendasi kompetisi ketika sudah yakin dengan rencana protokol kesehatan di sepakbola.

"Bicarakan lebih baik lagi dengan Polri agar liga bisa berjalan. Semoga liga cepat bergulir," harapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, akan mendetailkan kembali apa yang menjadi syarat untuk pengajuan perizinan ke kepolisian.

"Prinsipnya protokol kesehatan yang kami ajukan sudah mendekati benar, tinggal disempurnakan saja. Optimistis, insya Allah," kata Hadian, terpisah.

"(Kemarin) respon baik, dan disambut baik dan dilengkapi saja. Yang ditekankan, soal kondisi saat ini, COVID-19 masih tinggi di beberapa daerah yang kalau jadi tempat pertandingan masih zona merah, jadi bagaimana menanganinya. Kami juga ditugaskan juga untuk mencoba menurunkan jangan sampai ada tambahan kasus COVID-19. Insya Allah kami siap," dia menegaskan.

(mcy/cas)