sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 18 Feb 2021 16:20 WIB

Shopee Liga 1: Menpora Pastikan Pramusim Bisa Diselenggarakan

Muhammad Robbani - detikSport
Menpora, Zainudin Amali Shopee Liga 1: Menpora Pastikan Kompetisi Bisa Diselenggarakan (dok Kemenpora)
Jakarta -

Menpora Zainudin Amali memastikan sepakbola bisa diselenggarakan. Terdekat ada turnamen pramusim klub-klub Shopee Liga 1 dan Liga 2 2021 mulai 20 Maret mendatang.

Hal itu diungkapkan Amali dalam pertemuan Kemenpora, PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), pemilik klub Shopee Liga 1 dan Liga 2, dan suporter di Wisma Kemenpora, Kamis (18/2/2021). Sebelumnya beredar kabar titel pramusim bernama bernama Piala Menpora 2021.

PT LIB melalui Direktur Utama Akhmad Hadian Lukita membenarkan titel turnamen pramusim itu. Disebutnya, titel itu merupakan usulan dari PSSI.

"Terbuka kesempatan untuk melakukan kegiatan (sepakbola). Dalam waktu dekat bisa dimulai, tetapi saya minta komitmen dari pemilik klub, pimpinan suporter, PSSI dan PT LIB, untuk benar-benar komitmen dengan apa yang sudah ke pemerintah dan kepolisian bisa dijalankan," kata Amali.

"Beberapa hari lalu saya rakor (rapat koordinasi) sama Ketum PSSI (Mochamad Iriawan), LIB, kepolisian, Satgas COVID-19, KONI. Kami sudah mendengarkan presentasi dari LIB. Lengkap," ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, masih buram nasib pramusim hingga kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 karena tertahannya izin dari Polri. Meski belum ada pernyataan resmi Polri, Amali menjamin sepakbola sudah bisa jalan.

Lagi pula, Presiden RI Joko Widodo diklaim telah memberikan restu. Sementara itu, kabarnya Polri akan mengumumkan secara resmi izin sepakbola di Mabes Polri, sore ini.

"Beberapa hari lalu saya laporkan ke presiden, bahwa PSSI dan PT LIB sudah siap gelar turnamen dan kompetisi dengan protokol kesehatan. Tapi ini tak mungkin dijaga oleh PSSI dan PT LIB, tidak mungkin sesuai harapan," ucap Amali.

"Tapi partisipasi dari pemilik klub dan perwakilan suporter juga sangat signifikan untuk gelaran turnamen dan kompetisi. Kami akan ada masa uji coba," ucapnya.

(aff/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com