sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 19 Feb 2021 11:17 WIB

Ada Kerja Keras Pegawai PT LIB Sehari Sebelum Pengumuman Polri

Mohammad Robbani - detikSport
Akhmad Hadian Lukita Bos PT Liga Indonesia Baru, Akhmad Hadian Lukita, menyebut ada kerja keras pihaknya sebelum izin pramusim turun dari Polri. (Foto: detikcom/Muhammad Robbani)
Jakarta -

Kerja keras PT Liga Indonesia Baru (LIB) membuahkan hasil. Sehari sebelum keluarnya izin Polri buat turnamen pramusim Piala Menpora 2021, mereka sampai lembur.

Hal itu diungkapkan Direktur PT LIB Akhmad Hadian Lukita saat menceritakan sibuknya para karyawan operator kompetisi pada H-1 sebelum pengumuman Polri. detikSport bersama beberapa media lain kebetulan saat itu berkunjung ke Kantor PT LIB pada, Rabu (17/2/2021), malam.

Bertempat di lantai 11 Menara Mandiri, Jakarta, terlihat banyak karyawan PSSI di sana. Usut punya usut, ternyata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan bersama para pegawai federasi mengadakan kunjungan mendadak ke kantor PT LIB.

"Kami sedang ada meeting dadakan nih dengan Ketum PSSI," kata Lukita yang menyempatkan diri keluar dari rapat untuk bertemu jurnalis.

Ternyata, PT LIB dan PSSI sedang sibuk mempersiapkan diri menyambut keluarnya izin Polri buat turnamen Piala Menpora. "Gosipnya sih besok (Kamis, 18 Februari) nih diumumkan izin buat sepakbola di Kemenpora," ujar Lukita saat itu.

Memang, pada Kamis ada acara di Kemenpora. Yakni berkumpulnya Kemenpora, PSSI, PT LIB yang hadir secara langsung. Ada juga yang hadir secara virtual yakni pemilik klub Shopee Liga 1 dan Liga 2 hingga suporter.

Tapi tak pernah diungkapkan bahwa itu akan menjadi momen pengumuman keluarnya izin penyelenggaraan sepakbola dari Polri. Benar saja, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada hari itu, di Mabes Polri, mengumumkan bahwa pihaknya menyetujui bergulirnya Piala Menpora.

Meski tak diumumkan di Kemenpora, tapi benar ada pengumuman keluarnya izin penyelenggaraan sepakbola pada Kamis. Mendengar pengumuman Kapolri, jelas Lukita selaku pimpinan PT LIB, lega.

"Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME. Ini hasil kerja keras semua pihak termasuk klub, pemain, pelatih, suporter, media, dan siapapun yang terlibat," tuturnya setelah pengumuman dari Kapolri.

"Malam itu saya sudah dapat isi rekomendasi, sudah dipegang. Walaupun cuma dikasih draftnya saja. Belum ada tanda tangan apapun. Malam itu dirapikan dalam bentuk tulisan," katanya lagi.

"Pak Menpora (Zainudin Amali) telepon Pak Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan, di depan kami. Dari Baintelkam (Polri) minta kami lembur untuk mengurus rekomendasi agar bisa segera dikeluarkan. Baintelkam juga lembur untuk merilis itu," ucapnya mengingat ulang momen H-1 pengumuman Polri.

Tapi, izin Polri bukan akhir dari perjuangan. Masih banyak perintilan lainnya yang akan diurus untuk melancarkan gelaran Piala Menpora yang merupakan ajang pramusim buat peserta Shopee Liga 1 dan dua klub Liga 2.

Salah satunya yang sedang dipikirkan matang-matang adalah penyiaran laga pramusim. PSSI dan PT LIB sudah berjanji akan menyiarkan semua laga sejumlah 48 laga.

Semua laga harus disiarkan agar suporter tak perlu datang ke stadion. Nah pembagian penyiaran laga itu akan dibagi-bagi ke saluran free to air, Pay TV, Satellite TV, IP TV, streaming (OTT).

(cas/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com