Piala Menpora 2021: Tak Ada Klub yang Main di Venue Sendiri

Mohammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 24 Feb 2021 13:30 WIB
Bos PT Liga Indonesia Baru, Akhmad Hadian Lukita.
Piala Menpora 2021 tak akan ada tim yang bermain di daerah asal. (Foto: detikcom/Muhammad Robbani)
Jakarta -

Lokasi hajatan Piala Menpora 2021 dijamin tak menguntungkan salah satu peserta. Tim yang berasal dari salah satu venue, akan ditempatkan di grup lain.

Ada lima lokasi yang disiapkan, yakni Palembang, Bandung, Solo, Sleman, dan Malang. Adapun klub-klub yang berasal dari lokasi venue adalah Persib Bandung, Bhayangkara Solo FC, PSS Sleman, dan Arema FC.

Sebelumnya, sudah beredar dua skema lokasi pertandingan Piala Menpora. Saat itu, Persib, Bhayangkara, PSS, dan Arema, ditempatkan di venue asal tim mereka.

Pada akhirnya, hal itu tak menjadi kenyataan. Alasan PT LIB, mau menjunjung asas fair play dan menghindari kedatangan pendukung tuan rumah.

"Kalau mau fair, klub tuan rumah tidak ada main di kandang. Biar suporter tidak datang. Itu salah satu yang tengah dipikirkan," kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita kepada wartawan.

"Pertimbangan lainnya, tim harus merasa tidak ada di rumahnya. Masing-masing sama, bermain di luar homegroundnya," ujarnya menambahkan.

Sementara itu, Palembang masih masuk dalam daftar venue meski Sriwijaya FC dari Liga 2, batal tampil di Piala Menpora 2021. Selain Sriwijaya, ada juga PSMS Medan yang juga batal tampil karena PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) mau Piala Menpora cuma untuk klub-klub Shopee Liga 1.

Tapi, Palembang hanya berstatus sebagai lokasi cadangan saja. Buat jaga-jaga andai harus ada lokasi pengganti dari empat venue utama.

"Lokasi yang dikasih izin polisi Palembang, Bandung, Solo, Sleman, dan Malang. Kami rencanakan Pulau Jawa, jadi kami mau pilih empat itu. Palembang alternatif," ucap Lukita.



Simak Video "Sukses Tendang Barcelona-Bayern Munich, PSG Favorit Juara?"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)