SJH Siap Jadi Venue Piala Menpora, Diklaim Standar Piala Dunia

Muhammad Iqbal - Sepakbola
Selasa, 23 Feb 2021 12:30 WIB
PSSI usulkan Stadion Si Jalak Harupat jadi salah satu venue pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021. Yuk, lihat potret stadion yang ada di Kabupaten Bandung itu.
SJH Siap Jadi Venue Piala Menpora, Diklaim Standar Piala Dunia (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)
Bandung -

Stadion Si Jalak Harupat (SJH) telah siap 100 persen apabila ditunjuk menjadi venue dalam gelaran Piala Menpora 2021 di Bandung. Secara infrastruktur, SJH telah disiapkan untuk standar Piala Dunia.

Sebelumnya, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) dan PSSI telah menetapkan jadwal Piala Menpora pada 20 Maret - 25 Maret 2021. Bandung pun menjadi salah satu dari empat daerah yang ditunjuk menjadi tuan rumah.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Bandung Marlan Nirsyamsu mengatakan, stadion SJH dalam kondisi siap 100 persen untuk menyelenggarakan kompetisi. Stadion SJH telah 'diistirahatkan' untuk gelaran Piala Dunia U - 20, selama satu tahun.

"Kalau SJH itu 100 persen siap sekali menjadi tuan rumah pra-musim (Piala Menpora) karena kita tadinya buat Piala Dunia U -20," ucap Marlan saat dihubungi detikcom, Selasa (23/2/2021).

Marlan mengatakan, secara infrastruktur SJH telah disiapkan berstandar Piala Dunia. Namun, karena pandemi COVID-19, Piala Dunia U-20 kembali ditunda hingga 2023.

Dimulai dari sound sistem hingga lampu sorot di lapangan. Kemudian, rumput yang 'diistirahatkan' selama satu tahun pun dirawat dengan baik. Saat ini, kondisi rumput pun telah siap 100 persen untuk dapat digunakan.

"Infrastruktur malah lampu sudah 3.000 lux lebih dari 2.500, standar sound system juga sudah standar Piala Dunia," kata Marlan.

"Kalau rumput kan dari tahun kemarin sudah kita siapin untuk Piala Dunia, rumput sudah siap sekali. Kita meng-hire orang untuk memelihara rumput, pakai konsultan. Jadi insyalloh, kalau ditunjuk jadi tuan rumah kita sudah lebih siap," lanjutnya.

Pihaknya pun terus memantau seperti apa perkembangan Piala Menpora. Pihaknya masih menunggu sejumlah pihak dan akan mencoba berkomunikasi dengan PT LIB maupun Persib.

"Empat kota kan sudah diputuskan, termasuk Bandung. Tapi apakah di SJH atau di GBLA kita gak tahu," paparnya.

(aff/cas)