Ezra-Lilipaly Dikaitkan Persib Bandung, Pelatih Bicara Soal Budget

Yudha Maulana - Sepakbola
Rabu, 03 Mar 2021 15:40 WIB
Ezra Walian
Dikaitkan dengan Ezra Walian, Persib Bandung bicara budget transfer. (Foto: detikcom/Amalia Dwi Septi)
Bandung -

Rizky Pellu, Ezra Walian dan Stefano Lilipaly dikaitkan dengan Persib Bandung. Lalu bagaimana tanggapan Pelatih Maung Bandung Robert Rene Alberts?

Robert mengatakan ketiga pemain tersebut memiliki kualitas yang dibutuhkan semua klub. Kendati begitu, untuk mendapatkan tanda tangan mereka di atas kontrak tentu membutuhkan budget yang tak sedikit.

Robert pun mengaku telah mendapatkan kontak dari pemain tersebut, namun yang bisa ia lakukan hanyalah menjelaskan situasi yang terjadi saat ini.

"Tapi seperti yang saya katakan kemarin, ini bukan soal keinginan tapi juga soal uang, soal anggaran dan Persib Bandung adalah tim yang sangat baik dalam mengatur keuangan, kami bekerja sesuai dengan budget dan karena itu Persib bisa membayar pemain, staf tepat waktu setiap bulannya, dan itu lah yang paling penting, kami tidak bisa merekrut pemain di luar budget, lalu di bulan berikutnya tidak bisa membayar gaji dan membuat kecewa," ujar Robert dalam jumpa pers virtual, Rabu (3/3/2021).

"Itu terpenting di manajemen sepakbola dan klub kami melakukan hal yang benar, jadi jika saya berbicara dengan Lilipaly, Ezra atau sebutlah nama Ronaldinho, Messi, De Gea, Ronaldo, Van Dijk, saya menjalin komunikasi dengan mereka tapi pada akhirnya apakah kami mampu atau tidak ?," ucap pelatih asal Belanda tersebut melanjutkan.

Ia mengatakan, sejumlah penggawa Persib pun memberitahu jika ada pemain di luar klub yang tak memperpanjang kontrak dan tertarik untuk bergabung dengan Persib. "Kami mendengar beberapa dan kami juga menari tahu karena itu juga penting, tapi kami juga punya tim muda yang bagus," katanya.

"Musim lalu kami memasukan lima-enam pemain dari Diklat dan kami selalu mengevaluasi. Jika apakah pemain dari luar Bandung lebih baik dari tim muda yang kami miliki atau tim muda bisa menjadi pemain yang lebi bagus," katanya.

Jika pemain yang datang dari didikan Persib lebih menjanjikan, maka pemain tersebut akan lebih diutamakan daripada pemain dari luar. Walau terkadang, ada sejumlah pemain yang terlalu dini dipromosikan.

"Sedangkan kami perlu hasil untuk tim senior sehingga membawa pemain senior yang paham dengan kebutuhan tim dan bisa bermain di bawah tekanan sepakbola Indonesia. Jadi harus seimbang, antara merekrut pemain dari luar dan memberi kesempatan pemain muda supaya mereka juga percaya akan peluang bermain di tim senior Persib di masa depan," kata Robert.

(yum/cas)