Tira Persikabo: Kami Sudah Sampai Stadion, Eh Laga Dibatalkan

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 04 Mar 2021 10:20 WIB
Pertandingan uji coba Timnas Indonesia melawan Tira Persikabo batal terlaksana, Rabu (3/3/2021). Stadion Madya tempat dilangsungkannya laga terpantau gelap.
Tira Persikabo: Kami Sudah Sampai Stadion, Eh Laga Dibatalkan (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta -

Laga uji coba Timnas U-23 kontra Tira Persikabo batal terlaksana. Kepastian batalnya pertandingan baru tercium beberapa saat sebelum kick-off alias mendadak.

Sedianya pertandingan ini digelar di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (3/3/2021), pukul 20.00 WIB. Semua nampak berjalan normal-normal saja sesaat sebelum laga dimulai.

Bus kedua tim yakni Timnas Indonesia U-23 dan Tira Persikabo bahkan sudah tiba di stadion sekitar pukul 18.30 WIB. Tapi, lampu-lampu di sekitaran stadion perlahan-lahan dimatikan.

Rombongan kedua tim pun tertahan di bus dalam situasi yang tak pasti. Sekitar pukul 19.00 WIB, panitia pertandingan menghampiri bus kedua tim lalu menginformasikan pembatalan laga.

"Tadi (Rabu malam) kami menunggu sekitar 30 menit di stadion. Setelahnya langsung balik (setelah laga dibatalkan)," kata bek sayap Tira Persikabo Abduh Lestaluhu kepada wartawan.

"Yang jelas semua pemain kecewa karena udah persiapan dari beberapa minggu yang lalu buat hadapi uji coba ini. Kami sudah datang ke stadion, tapi nggak bisa turun sama kepolisian, jadi disuruh pulang," ujarnya.

Pertandingan uji coba Timnas Indonesia melawan Tira Persikabo batal terlaksana, Rabu (3/3/2021). Stadion Madya tempat dilangsungkannya laga terpantau gelap.Stadion Madya tempat dilangsungkannya laga terpantau gelap (Rifkianto Nugroho/detikSport)

Wajar Abduh kecewa pertandingan bisa dibatalkan beberapa saat sebelum kick-off. Boro-boro bertanding, kedua tim sudah keburu diminta pulang sebelum turun dari bus.

"Kami sudah sampai stadion, lalu diarahkan parkir selama 30 menit, tiba tiba disuruh kembali ke hotel. Kami tidak tahu karena apa pembatalan ini," tutur Media Officer Tira Persikabo Nandang Permana.

Beberapa wartawan yang hendak meliput pertandingan pun dibuat bingung dengan situasi itu. Fotografer detikSport turut berada di lokasi.

Sebagai informasi, tak semua wartawan bisa meliput pertandingan ini seperti biasanya. Mengingat situasi pandemi COVID-19, ada aturan pembatasan kehadiran wartawan terkait penerapan protokol kesehatan.

PSSI memberikan syarat ketat buat wartawan yang mau meliput. Semua harus menjalani tes swab antigen dan menyerahkan bukti tes ke panitia sebagai syarat untuk mengambil ID liputan.

Beberapa wartawan yang hadir di lokasi ini kemudian membagikan informasi ke rekan-rekan media lain bahwa lampu di stadion mati. Langsung muncul dugaan bahwa pertandingan akan ditunda mengingat tim seharusnya sudah masuk stadion saat tiba sekitar pukul 18.30 WIB.

Pertandingan uji coba Timnas Indonesia melawan Tira Persikabo batal terlaksana, Rabu (3/3/2021). Stadion Madya tempat dilangsungkannya laga terpantau gelap.(Rifkianto Nugroho/detikSport)

Benar saja, Kapolsek Tanah Abang, Kompol Singgih Hermawan, mengonfirmasi pembatalan laga. Ternyata, PSSI tak serius mengurus izin pertandingan.

Katanya, PSSI baru mengajukan permohonan izin pada hari yang sama dengan jadwal pertandingan. Jadi, pengajuan izin belum dilakukan sejak jauh-jauh hari.

"Kegiatan rencana uji coba Timnas Indonesia melawan Tira Persikabo tidak kami izinkan, karena belum ada izinnya. Sampai tadi setelah Maghrib pukul 18.00 (WIB) sampai pukul 18.30 (WIB) belum ada izin keluar, sehingga pelaksanaannya kami larang," Kata Singgih Hermawan.

Sementara itu, Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto, ikut membagikan alasan pembatalan laga. Kemenpora turut membantu PSSI dalam hal penerbitan rekomendasi izin laga.

Masalahnya, PSSI baru mengajukan rekomendasi ke Kemenpora pada, Senin (1/3). Kemenpora lalu memberikan rekomendasi ke PSSI sehari setelahnya untuk bisa diurus ke kepolisian.

"Selama ini yang berkomunikasi langsung soal perizinan kan PSSI ya. Kami hanya memberi rekomendasi saja. Kalau ternyata info tadi belum ada izin saran kami untuk dipenuhi apa yang menjadi ketentuan," kata Gatot ketika ditemui di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

(Halaman selanjutnya, uji coba dengan Bali United juga batal)

Selanjutnya
Halaman
1 2