Begini Prokes Laga Timnas Indonesia U-23 Vs Bali United

Muhammad Robbani - Sepakbola
Minggu, 07 Mar 2021 19:40 WIB
Gambaran protokol kesehatan ketat yang diterapkan di laga Timnas Indonesia kontra Bali United di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (7/3/2021).
Begini Prokes Laga Timnas Indonesia U-23 Vs Bali United. (Foto: Muhammad Robbani/detikcom)
Jakarta -

Protokol kesehatan ketat kembali diterapkan di laga Timnas Indonesia U-23 Vs Bali United di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (7/3/2021). Tak boleh ada pelanggaran.

Cuma pewarta dan ofisial pertandingan yang bisa masuk ke area stadion. Para pemburu berita pun wajib menyertakan hasil negatif swab test antigen untuk bisa meliput pertandingan.

Karena hal itu, cuma sedikit pewarta yang datang untuk meliput pertandingan. Memang ada beberapa yang datang tanpa tes, tapi mereka khusus untuk melihat inspeksi Menpora Zainudin Amali.

Amali memang kembali datang ke stadion untuk melakukan sidak prokes di pertandingan sepakbola. Hal itu untuk memastikan prokes benar-benar diterapkan.

Petugas keamanan dari Polri yang berjaga di stadion untuk laga Timnas Indonesia U-23 Vs Bali United pun begitu tekun mengingatkan untuk pewarta menjaga jarak. Berkerumun menjadi kegiatan terlarang.

"Kepada rekan-rekan media dimohon untuk selalu menjaga jarak. Jangan sampai pertandingan sepakbola malah menciptakan klaster baru COVID-19," kata petugas yang berjaga via pengeras suara.

"Buat media yang belum tes antigen, silakan meninggalkan tempat. Di stadion ini cuma boleh buat yang sudah tes," lanjutnya.

Aturan ketat juga berlaku untuk para ofisial dan pemain yang hendak bertanding. Saat pemain turun dari bus misalnya. Sesuai aturan prokes, pemain cuma bisa turun sendiri-sendiri tak berkerumun.

Berbeda dari biasanya, masing-masing tim datang ke stadion dengan dua bus. Biasanya, satu tim cuma datang dengan satu bus.

Kegiatan mengambil gambar atau video para pemain turun dari bus pun tak boleh dilakukan dari jarak dekat. Ada area-area yang sudah dikhususkan untuk pekerja media.

"Pemain Timnas Indonesia U-23 dan Bali United silakan turun dari bus. Tapi harus turun satu persatu," tutur petugas keamanan.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi menjelaskan prokes ini. Apa yang diwanti-wanti Polri memang sudah sesuai aturan.

"Dua bus memang wajib untuk mengantar masing-masing tim ke stadion demi menjaga protokol kesehatan. Tes suhu tubuh juga menjadi hal yang protokol kesehatan pertandingan," ucap Yunus Nusi.

Gambaran protokol kesehatan ketat yang diterapkan di laga Timnas Indonesia kontra Bali United di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (7/3/2021).Gambaran protokol kesehatan ketat yang diterapkan di laga Timnas Indonesia U-23 Vs Bali United di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (7/3/2021). Foto: Muhammad Robbani/detikcom

Para petugas juga terlihat menyemprot cairan desinfektan di sekitar stadion untuk laga Timnas Indonesia U-23 Vs Bali United ini. Barang-barang pertandingan juga tak luput dari penyemprotan desinfektan. Semua harus benar-benar steril.

"Semua pemain dan wartawan yang di sini pasti sudah tes kan, tapi tetap harus menaati prokes. Ada pengecekan suhu tubuh juga saat masuk stadion. Pemain juga di dalam harus tetap memakai masker," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat memberikan keterangan pers sebelum laga.

(krs/nds)