Persib dan Persija Beda Grup di Piala Menpora, Ini Kata Robert Alberts

Yudha Maulana - Sepakbola
Senin, 08 Mar 2021 17:20 WIB
Pelatih Persib Robert Rene Alberts di Stadion Siliwangi, Bandung, Kamis (20/2/2020).
Persib dan Persija Beda Grup di Piala Menpora, Ini Kata Robert Alberts. Foto: Yudha Maulana/detikcom
Bandung -

Di Piala Menpora 2021, Persib Bandung, Persija Jakarta, Arema FC, dan Persebaya Surabaya ditempatkan ke grup berbeda. Robert Rene Alberts, pelatih Persib, mengomentari hal itu.

Penempatan Persib, Persija, Arema FC, dan Persebaya ke grup berbeda itu dilakukan untuk menghindari potensi kerumunan suporter, mengingat tingginya rivalitas di antara tim-tim tersebut.

Pelatih Persib Robert Rene Alberts menilai, dipisahkannya empat tim ini merupakan upaya yang bagus dari operator untuk memberikan edukasi kepada suporter untuk mengikuti aturan dalam turnamen pramusim ini.

"Ini seperti tim-tim unggulan, terjadi juga di Piala AFC hingga Piala Dunia, pembagian ini jadi hal bagus jika kita melihatnya dari segi usaha untuk memberikan edukasi kepada suporter untuk mengikuti peraturan dalam turnamen ini. Setiap tim bisa saja pada akhirnya bertemu di turnamen ini, tapi kita lihat saja bagaimana ke depannya," kata Robert dalam jumpa pers virtual, Senin (8/3/2021).

Juru taktik asal Belanda itu mengatakan, yang paling penting dari turnamen Piala Menpora 2021 ini adalah bukan soal menang atau tidak. Tetapi bagaimana membuat pemain berlatih bersama-sama dan memberikan kesempatan pemain untuk bermain sepakbola lagi.

"Para ofisial dan perangkat pertandingan terlibat kembali di pertandingan, ini juga kesempatan untuk suporter memberikan dukungannya kepada klub dengan menyaksikan klub melalui tv di rumah, juga kesempatan bagi sponsor untuk dikenali lagi, bagaimana sponsor untuk sepakbola Indonesia adalah hal yang penting," katanya.

"Turnamen ini bukan tentang siapa yang bertemu siapa dan keharusan untuk memenangi pertandingan, yang penting di sini di mana semua orang harus pahami, adalah untuk mendapat izin dalam digelarnya liga atas alasan itu, siapapun yang anda hadapi, menang atau kalah, menjadi hal yang sama sekali tidak penting," ucap Robert melanjutkan.

Ada empat lokasi yang akan menggelar fase grup Piala Menpora 2021. Yakni Bandung, Solo, Sleman, dan Malang. Jadi, Persib Bandung, Persija Jakarta, Arema FC, dan Persebaya Surabaya akan ditempatkan di empat tempat berbeda.

Meski dipisahkan, tetap ada potensi empat klub ini akan saling berhadapan di fase penyisihan nantinya jika mereka lolos dari fase grup. Setidaknya, PT LIB mau menghindari potensi-potensi pelanggaran dulu sejak awal.

"Empat klub ini akan kami pisahkan di empat kota berbeda. Ya, mereka mendapatkan pengecualian secara keamanan dan ketertiban masyarakat," kata Direktur Utama LIB Akhmad Hadian Lukita kepada wartawan.

"Tuan rumah tidak bermain di kandangnya. Ini dilakukan supaya adil dengan klub lain. Lihat saja nanti hasil drawingnya," tutur Lukita.

Sementara itu, drawing akan digelar di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, hari ini. Drawing Piala Menpora 2021 bakal digelar tatap muka dan secara virtual juga buat yang mau menyaksikan.

(yum/krs)