Piala Menpora 2021: Persija, Persib, Persebaya, & Arema Tak Satu Grup

Mohammad Robbani - Sepakbola
Minggu, 07 Mar 2021 12:10 WIB
Akhmad Hadian Lukita
Direktir PT Liga Indonesia Baru, Akhmad Hadian Lukita, memastikan 4 tim tak akan segrup di Piala Menpora 2021. (Foto: detikcom/Muhammad Robbani
Jakarta -

Demi menghindari kehadiran suporter, Persija Jakarta, Persib Bandung, Persebaya Surabaya, dan Arema FC bakal ditempatkan di grup berbeda di Piala Menpora 2021.

Empat tim tersebut dipastikan tidak akan berhadapan satu sama lain di babak penyisihan fase grup. Sebagaimana syarat Polri, pertandingan sepakbola bisa digelar tanpa menciptakan kerumunan.

Ada potensi suporter akan datang ke stadion mengingat rivalitas antar suporter mereka jika salah satu klub di atas sudah berhadapan di fase grup. Misalnya rivalitas antara suporter Persija dengan Persib dan Persebaya. Atau rivalitas antara suporter Arema dan Persebaya.

"Empat klub ini akan kami pisahkan di empat kota berbeda. Ya, mereka mendapatkan pengecualian secara keamanan dan ketertiban masyarakat," kata Direktur Utama LIB Akhmad Hadian Lukita kepada wartawan.

Ada empat lokasi yang akan menggelar fase grup Piala Menpora 2021. Yakni Bandung, Solo, Sleman, dan Malang. Jadi, empat tim di atas akan ditempatkan di empat tempat berbeda.

Meski dipisahkan, tetap ada potensi empat klub ini akan saling berhadapan di fase penyisihan nantinya jika mereka lolos dari fase grup. Setidaknya, PT LIB mau menghindari potensi-potensi pelanggaran dulu sejak awal.

Selain itu, klub asal lokasi pelaksana pertandingan juga bakal ditempatkan di kota lain. Persib tak akan bermain di Bandung, Bhayangkara tak main di Solo, PSS Sleman tak main di Sleman, dan Arema tak main di Malang.

"Tuan rumah tidak bermain di kandangnya. Ini dilakukan supaya adil dengan klub lain. Lihat saja nanti hasil drawingnya," tutur Lukita.

Sementara itu, drawing akan digelar di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Senin (8/3/2021). Drawing Piala Menpora 2021 bakal digelar tatap muka dan secara virtual juga buat yang mau menyaksikan.



Simak Video "Waduh! Markas Persib Diserbu Oknum Suporter"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/nds)