Piala Menpora 2021: Laga Pembuka Dimainkan Penghuni Grup A di Solo

Mohammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 09 Mar 2021 12:35 WIB
Dirut PT Liga Indonesia Baru, Akhmad Hadian Lukita.
OC Piala Menpora 2021, Akhmad Hadian Lukita, menyebut laga pembukaa di Solo. (Foto: detikcom/Muhammad Robbani)
Jakarta -

Laga pembuka Piala Menpora 2021 akan dimainkan oleh klub penghuni Grup A di Solo. Tapi Panitia Pelaksana (OC) belum menentukan siapa yang akan main pertama.

Baru satu hal yang dipastikan OC soal pembukaan, laga pembuka digelar di Stadion Manahan, Solo. Rencananya, kick off akan digelar pada 21 Maret mendatang.

"Untuk laga pembuka itu akan kami lihat lagi. Ini kan jadwal (pembukaan) di Solo ya, jadi mungkin akan kami ambil saja dari klub yang ada di Solo itu sendiri," kata OC Piala Menpora Akhmad Hadian Lukita.

Lazimnya, opening match sebuah turnamen dimainkan oleh klub tuan rumah yang biasanya ditempatkan di Grup A. Tapi, tak ada status tuan rumah di Piala Menpora.

Empat tempat penyelenggaraan fase grup Piala Menpora 2021 adalah Bandung, Solo, Sleman, dan Malang. Klub asal lokasi penyelenggaraan yakni Bhayangkara Solo FC, PSS Sleman, dan Arema FC, ditempatkan di grup lain.

Adapun Grup A diisi oleh lima klub. Mereka adalah Arema FC, PSIS Semarang, Barito Putera, Tira Persikabo, dan Persipura Jayapura.

Jauh sebelumnya, sudah muncul kabar pembukaan lanjutan Shopee Liga 1 2020 dan Piala Menpora memang bakal digelar di Solo. Saat itu Bhayangkara digosipkan akan memainkan laga pembukanya.

Tapi lanjutan Shopee Liga 1 sudah dipastikan batal dan PSSI memilih meniadakan musim 2020. Setelahnya, lahir Piala Menpora. Kali ini kabar Solo menjadi lokasi pembuka bakal segera menjadi kenyataan.

Cuma kabar Bhayangkara mainkan laga pembuka yang meleset. Karena asas keadilan, tim asal lokasi penyelenggaraan ditempatkan di grup lain.

"Demi asas fairness, Grup yang komposisinya 4 klub dan 5 klub akan ditetapkan dengan mekanisme drawing," begitu bunyi Regulasi Piala Menpora 2021.

Fase Grup Piala Menpora 2021:

Grup A (Solo)

Arema FC, PSIS Semarang, Barito Putera, Tira Persikabo, Persipura Jayapura

Grup B (Malang)

Persija Jakarta, Bhayangkara Solo FC, Borneo FC, PSM Makassar

Grup C (Bandung)

Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Persela Lamongan, PSS Sleman, Madura United

Grup D (Sleman)

Persib Bandung, Persiraja Banda Aceh, Persita Tangerang, Bali United

(cas/rin)