Panitia Piala Menpora Akui Salah dan Minta Maaf ke Persipura

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 09 Mar 2021 18:03 WIB
Persipura Jayapura
Panitia Piala Menpora Akui Salah dan Minta Maaf ke Persipura (dok. PT Liga Indonesia Baru)
Jakarta -

Panitia Pelaksana (OC) Piala Menpora 2021 mengakui telat merespons surat Persipura Jayapura. Imbasnya, Mutiara Hitam tak mendaftarkan diri ikut ajang pramusim.

Persipura dalam rilisnya mengaku sudah menghubungi OC terkait kondisi mereka. Lewat komentar Ketua Umum Benhur Tomi Mano, Persipura tak ikut Piala Menpora karena perlakuan OC Piala Menpora.

Mutiara Hitam menyemprot OC dan menantang untuk bicara blak-blakan apa yang sebenarnya terjadi. Terkait itu, Ketua OC Piala Menpora Akhmad Hadian Lukita mengakui kesalahan.

"Persipura itu soal administrasi, jadi mereka berkirim surat ke kami. Tetapi kami memang telat meresponsnya," kata Lukita kepada detikSport.

Dijelaskan Lukita, Persipura sudah berkirim surat ke OC sebelum pendaftaran ditutup. Sementara pendaftaran terakhir peserta Piala Menpora tutup pada 26 Februari lalu.

Nah, OC baru membalas surat Persipura tiga hari kemudian. Berhubung pendaftaran ditutup, Persipura memutuskan tak ikut Piala Menpora.

"Saya sebagai Ketua OC Piala Menpora bertanggung jawab atas hal ini. Tetapi kami masih berharap Persipura bisa ikut Piala Menpora," ujar Lukita.

Meski begitu, Persipura tetap diikutsertakan dalam drawing yang digelar di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (8/3/2021). Peserta Liga Champions Asia 2010 itu kebagian mengisi Grup A bersama Arema FC, PSIS Semarang Barito Putera, dan Tira Persikabo.

Kemungkinan absennya Persipura tak akan berpengaruh besar untuk peserta Grup A. Kebetulan Grup A diisi oleh lima klub, tak seperti Grup B dan D yang cuma diisi oleh empat klub.

OC akan terus menunggu kabar dari Persipura dalam sepekan ke depan. Jika tetap tak ikut, mau tak mau Persipura akan dicoret.

"Kami akan menunggu hasil rapat dengan PSSI. Kami akan mematangkan lebih dulu berbagai keputusannya. Semua pihak berusaha berkomunikasi, termasuk sepertinya Menpora juga ada upaya ke sana," ucap Lukita yang juga Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB).

(aff/krs)