Robert Alberts: Persib Tak Patok Juara di Piala Menpora 2021

Yudha Maulana - Sepakbola
Jumat, 12 Mar 2021 14:45 WIB
Persib Bandung
Robert Alberts: Persib Tak Patok Juara di Piala Menpora 2021 (dok Persib Bandung)
Bandung -

Persib Bandung tak memburu titel juara dalam turnamen Piala Menpora 2021. Yang paling penting, para pemainnya nanti tidak mengalami cedera.

Hal itu disampaikan oleh pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. Dia mengatakan, terlalu dini untuk memasang target juara di tengah persiapan yang amat pendek. Tim hanya memiliki waktu efektif latihan sekitar tiga pekan, sebelum memulai turnamen yang dijadwalkan kick-off pada 21 Maret mendatang.

"Saya pikir target terpenting dari turnamen ini adalah tidak ada pemain yang mengalami cedera berat, karena tidak banyak waktu yang dimiliki untuk persiapan. Kami hanya mempunyai waktu sekitar dua pekan, dan saya harap pemain bisa menikmati ini karena kami tidak bisa menuntut kualitas yang tinggi dari pemain untuk bermain di turnamen seperti ini," ujar Robert dalam jumpa pers virtual yang digelar Kamis (12/3/2021).

"Jadi tidak penting menang, imbang atau kalah, tidak perlu berupaya lolos dan mendapat uang hadiah karena ini terlalu dini. Jangan lupa, pemain tidak bermain selama satu tahun jadi harus ada persiapan panjang sebelum pemain kembali ke lapangan (untuk bertanding) di turnamen seperti ini yang menuntut untuk menang. Kami tidak mencari kemenangan, kami hanya ingin bersenang-senang dan bermain sepakbola kembali. Bagi saya, itu targetnya," kata pelatih asal Belanda itu.

Sedianya, Robert mengharapkan turnamen ini bisa dimulai selepas Ramadhan. Para pemain tentunya lebih siap dan hal itu dinilainya akan menjadi pertandingan yang lebih menarik.

"Saya selalu berkata turnamen ini tidak salah, hanya jika ingin menggelar turnamen serius dengan seperti ini, lebih baik digelar setelah Ramadan agar ada waktu untuk melakukan persiapan. Sehingga pertandingan juga akan lebih menarik. Karena sulit bermain di Ramadhan ketika pemain lama tidak bermain, maka dari itu saya lebih memasang target bagaimana pemain tidak mengalami cedera," kata Robert.

Persib Bandung sendiri tergabung dalam Grup D dan akan berlaga di Stadion Maguwoharjo Sleman. Di dalam grup itu Persib akan bersua dengan Persiraja Banda Aceh, Bali United dan Persita Tangerang.

(yum/aff)