Piala Menpora 2021: Jadi Tuan Rumah, Pemda DIY Wanti-wanti Begini

Pradito Rida Pertana - Sepakbola
Jumat, 12 Mar 2021 15:25 WIB
Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji bicara mengenai Piala Menpora 2021.
Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji bicara mengenai Piala Menpora 2021. (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), khususnya Kabupaten Sleman, menjadi salah satu tuan rumah Piala Menpora 2021. Pemda DIY pun kembali memberi wanti-wanti mengenai sejumlah hal terkait protokol kesehatan.

"Kalau di DIY ada yang ketempatan sebagai tuan rumah, tentu prosedur yang sudah disepakati dengan Polri itu harus dipedomani," kata Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji saat ditemui wartawan di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kemantre Danurejan, Kota Yogyakarta, Jumat (12/3/2021).

Prosedur itu, kata Aji, adalah penyelenggara di daerah harus berkoordinasi dengan Polda setempat. Pasalnya sudah ada kesepakatan antara polri dan Menpora/panitia penyelenggara, sehingga turunannya di daerah harus tetap sama.

"Setidaknya kita tidak berharap ada klaster yang disebabkan karena sepakbola. Kalau tidak salah tanpa penonton (piala Menpora di Sleman)."

"Kalau sampai ada klaster ya harus berhenti. Karena nanti perlu ada review lagi agar penyelenggaraan berjalan aman. Nanti untuk teman-teman Sleman akan melakukan pengawasan dengan Polri," imbuh Aji.

Piala Menpora 2021 sendiri digelar secara tertutup alias tanpa penonton di stadion, yang diminta menyaksikan jalannya pertandingan dari televisi. Tapi Pemda DIY tetap mengingatkan agar jangan sampai ada kerumunan saat nonton bareng (nobar).

Menyoal kegiatan nobar sendiri, Aji tidak melarangnya. Namun, dia menyebut nobar dibatasi hingga 20 orang saja itu pun dengan prokes ketat.

"Kita minta supaya masyarakat kalau mengikuti, nonton dari luar stadion. Ya kalau nonton bareng ya 5 orang, kita ingin membatasi kumpul-kumpul orang itu tidak boleh lebih dari 20. Tapi 20 itu kan tentu harus dipersyaratkan jaraknya, ruangannya," katanya.

Nantinya, jika ruangan tidak memungkinkan harus disesuaikan dengan kapasitas ruangan. Bahkan, pihaknya akan melibatkan Satgas COVID-19 di tingkat RT, RW hingga Satlinmas untuk mengawasi pelaksanaan nobar.

"Jadi harapan kita jangan mengakali atau orangnya tidak di lapangan tapi akhirnya nonton di luar tapi tetap berkerumun. Itu bukan tujuan kita, tujuan kita itu kan menghindari supaya tidak ada klaster, nanti klaster nobar kan ada. Untuk pengawasan selain Satpol PP kan ada RT, RW, Linmas yang nanti akan melakukan pengawasan, ada posko-posko di sana (lokasi nobar)," imbuh Aji.

Diberitakan sebelumnya, Stadion Maguwoharjo bakal jadi salah satu venue Piala Menpora 2021. Organizing Committee (OC) pun meninjau langsung kesiapan stadion tersebut. Piala Menpora 2021 akan kickoff pada 21 Maret di kota Solo. Selain Solo, ada Bandung, Yogyakarta, dan Malang yang jadi tuan rumah di fase grup.

Nah untuk di Yogyakarta bakal dipertandingkan laga-laga Grup D Piala Menpora 2021 yang dihuni Persib Bandung, Persiraja Banda Aceh, Persita Tangerang dan Bali United. Maka dari itu pihak panitia Sleman mempersiapkan sebaik mungkin venue-nya.

(krs/pur)