PSSI: Shin Tae-yong Positif COVID-19

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 20 Mar 2021 13:38 WIB
Shin Tae-yong memberikan instruksi di laga Timnas Indonesia U-23 melawan Tira Persikabo di Stadion Madya, Kamis 5 Maret 2021.
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong positif tertular COVID-19. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta -

PSSI mengumumkan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong positif COVID-19. Kepastian itu didapat dari hasil tes PCR yang keluar pada, Jumat (19/3/2021).

PSSI mengumumkan kabar ini di situs resminya. Tes COVID-19 digelar, setelah pelatih asal Korea Selatan itu mengeluhkan tidak enak badan. Hasil tes menunjukkan, Shin Tae-yong positif terpapar COVID-19.

"Pada awalnya Shin Tae-yong pada hari Kamis (18/3) mengaku tidak enak badan. Kemudian yang bersangkutan di-swab PCR. Hasilnya baru keluar pada Jumat malam (19/3),'' kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada detikSport.

Dalam laporan media Korea, Yonhap, Tae-yong disebut tertular oleh para staf pelatihnya. Versi Yonhap, pelatih kiper Yoo Jae-hoon yang pertama kali terpapar pada 5 Maret lalu.

Kemudian, pelatih fisik Lee Jae-hong yang giliran terpapar pada 7 Maret. Kebetulan 5 dan 7 Maret adalah hari di mana Timnas Indonesia menggelar laga uji coba melawan Tira Persikabo dan Bali United.

Tapi PSSI menyebut bahwa yang positif hanya Shin Tae-yong saja. Pemain Timnas Indonesia juga disebut tak ada yang terpapar.

"Setelah selesai pemusatan latihan Senin (8/3) Timnas Indonesia para pemain, pelatih, dan ofisial diwajibkan tes PCR. Hasilnya semua dinyatakan negatif. Para pemain, pelatih, dan ofisial kembali ke rumah masing-masing termasuk Shin Tae-yong kembali ke apartemen," tulis pernyataan PSSI.

"Jadi ketika pemain dipulangkan ke klub masing-masing pada Senin (8/3), tidak ada satu pun pemain yang positif. Itu karena sebelum pulang mereka sudah di swab antigen,'' jelas Yunus.

Sampai akhirnya pada Kamis (18/3), Shin Tae-yong mengeluh tidak enak badan ke dokter timnas. Dokter kemudian melakukan swab PCR dan hasilnya keluar Jumat malam dan hasilnya positif.

"Yang paling penting segera mendapatkan perawatan. Jadi jika atlet atau mantan atlet saya yakin akan cepat sembuh ,'' ujar Yunus mengakhiri.

(yna/yna)