Piala Menpora 2021: Begini Ketatnya Prokes di Stadion Kanjuruhan

Muhammad Aminudin - Sepakbola
Senin, 22 Mar 2021 16:55 WIB
Pengamanan ketat laga Grup B Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan
Piala Menpora 2021: Begini Ketatnya Prokes di Stadion Kanjuruhan. Foto: Muhammad Aminudin/detikcom
Malang -

Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Malang, berlangsung dengan skema protokol kesehatan (prokes) ketat. Ada dua laga yang digelar pada hari ini.

Pantauan detikcom, petugas gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP serta Dishub melakukan penyekatan di akses masuk stadion. Kuota hanya dibatasi sebanyak 299 orang untuk berada di area stadion.

Kapolres Malang AKBP Hendri Umar mengatakan, skema pengamanan dibagi empat zona. Yakni zona 1 hanya sampai suttle ban, zona 2 area ruang tunggu, zona 3 merupakan area tribun utama, sementara zona 4 merupakan wilayah akses pintu utama stadion.

"Skema pengamanan dibagi menjadi empat zona. Fokusnya penegakan protokol kesehatan, sebagaimana disampaikan dalam rakor hanya 299 orang yang diberbolehkan berada dalam stadion," ujar Hendri Umar dikonfirmasi di lokasi, Senin (22/3/2021) sore WIB.

Pengamanan ketat laga Grup B Piala Menpora 2021 di Stadion KanjuruhanPengamanan laga Grup B Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan Foto: Muhammad Aminudin/detikcom

Dengan kuota hanya 299 orang, lanjut Hendri, tentu ada pembatasan ketat dari mulai tim, ofisial, panitia, unsur keamanan sampai dengan awak media yang hendak mengakses venue Grup B Piala Menpora 2021 tersebut.

"Dari empat zona itu, tidak akan lebih dari 299 orang. Wilayah suttle ban contohnya hanya ada 8 personel keamanan, 7 personel di area tribun, untuk memantau langsung penerapan protokol kesehatan di dalam stadion," jelasnya.

Menurut Hendri, zona 4 Stadion Kanjuruhan dikhususkan untuk menghalau adanya kehadiran massa ataupun suporter yang nekat datang ke stadion, untuk menyaksikan pertandingan dari jarak dekat.

"Kami ada beberapa titik penyekatan, melibatkan unsur keamanan gabungan. Rekayasa lalu lintas juga diterapkan, arus lalu lintas di area stadion kita tutup. Karena dikhususkan untuk pengamanan pertandingan," tuturnya.

Pengamanan ketat laga Grup B Piala Menpora 2021 di Stadion KanjuruhanPengamanan laga Grup B Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan Foto: Muhammad Aminudin/detikcom

Hendri menambahkan, seluruh pemain, official sudah melalui proses swab antigen di hotel tempat menginap. Panitia juga menyediakan tes swab antigen di lokasi, sebagai syarat utama sebelum masuk ke area stadion.

"Swab antigen menjadi syarat utama, pemain dan official sudah menjalani swab di hotel. Panitia juga menyediakan disini (Stadion Kanjuruhan)," imbuh Hendri.

Laga Grup B Piala Menpora 2021 digelar di Stadion Kanjuruhan hari ini, juga dihadiri Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan bersama Wakil Ketua Umum Iwan Budianto dan jajaran pengurus lainnya.

"Untuk tamu seperti rekan-rekan saksikan tadi, Ketua Umum PSSI hadir langsung didampingi jajaran direksi dan pengurus PSSI, sudah membawa surat bebas COVID-19," pungkas Hendri.

Laga perdana Grup B mempertemukan Bhayangkara FC melawan Borneo FC Samarinda, kick off pukul 15.15 WIB, pertandingan kedua Persija Jakarta melawan PSM Makassar pukul 18.15 WIB.

(krs/cas)