Soal Shin Tae-yong Kena Corona, Kemenpora Minta PSSI Terbuka

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 25 Mar 2021 15:40 WIB
Para pemain Timnas berlatih di Lapangan D Senayan, Jakarta, Rabu (10/2/2021).
Soal Shin Tae-yong Kena Corona, Kemenpora Minta PSSI Terbuka (Grandyos Zafna /detikSport)
Jakarta -

Kemenpora melalui Sesmenpora Gatot S Dewa Broto meminta PSSI tak menutup-nutupi kasus COVID-19. Terkini ada Shin Tae-yong yang baru saja terkonfirmasi positif.

Tapi PSSI terkesan menutup-nutupinya sampai akhirnya mengumumkan Shin Tae-yong terpapar virus corona pada, Sabtu (20/3/2021). PSSI mengumumkan setelah informasi itu tayang di kantor berita Yonhap, media asal Korea Selatan.

Dalam laporan Yonhap disebutkan bahwa terjadi klaster COVID-19 di kalangan pelatih Timnas Indonesial. Yoo Jae-hoon dikabarkan jadi yang pertama terpapar virus asal China itu pada 5 Maret yang kemudian menyebar ke staf lainnya pada 7 Maret.

Kebetulan, 5 dan 7 Maret berbarengan dengan laga uji coba kontra Tira Persikabo dan Bali United. Dikhawatirkan terjadi klaster virus yang menyebar ke pemain-pemain dari Timnas Indonesia, Tira Persikabo, dan Bali United.

Untuk itu, Gatot pun meminta PSSI terbuka saja soal masalah COVID-19. Ia meminta PSSI untuk mencontoh ke IBL yang menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

"Lagi-lagi, saya nggak bisa membandingi. Apa yang dilakukan di IBL itu bagus. begitu ada yang positif langsung isolasi, tracking," kata Gatot kepada wartawan.

"Hitungan beberapa jam, bukan hari lagi, siapa yang kontak langsung diisolasi. Lakukan lah hal serupa seperti di IBL. kan COVID-19 bukan aib," ujarnya berseru.

Di luar kasus positif COVID-19 Shin Tae-yong, Gatot memuji penerapan prokes di gelaran Piala Menpora 2021. Ia menilai keseriusan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku Panitia Pelaksana sudah berjalan dengan baik.

Sampai saat ini belum ada kendala berarti selama gelaran Piala Menpora yang sudah dibuka di Solo sejak 21 Maret lalu. Penerapan prokes ketat sudah dilakukan di empat lokasi penyelenggaraan.

"Sejauh ini Piala Menpora berjalan dengan lancar, itu sudah sejak laga Timnas Indonesia melawan Tira Persikabo dan Bali United," tutur Gatot.

"Pak Menteri (Zainudin Amali) juga sudah mengecek segalanya. Semoga gelaran ini bisa terus berjalan dengan baik," ucapnya.

(aff/krs)