Gol Persib Untuk Tolak Rasisme di Piala Menpora 2021

Yudha Maulana - Sepakbola
Kamis, 25 Mar 2021 20:50 WIB
Laga pertandingan Persib Bandung vs Bali United dalam lanjutan Grup D Piala Menpora 2021 berakhir 1-1. Hasil ini membuat Bali United dan Persib meraih satu poin
Gol Persib Untuk Tolak Rasisme di Piala Menpora 2021 (Pius Erlangga/Detikcom)
Bandung -

Persib Bandung jelas menolak rasisme di Piala Menpora 2021. Selebrasi gol pun dilakukan jadi simbolmuntuk hal tersebut.

Striker Persib Bandung, Frets Butuan berlari ke tengah lapang begitu melesakkan satu gol yang menjadi penyeimbang kedudukan, setelah tertinggal 0-1 dari Bali United pada laga Rabu (24/3/2021) malam.

Frets langsung berlutut dan mengacungkan kepalan tangannya ke atas, aksi itu diikuti juga oleh koleganya dengan mengambil jarak yang tepat. Dalam momen itu, Persib menunjukkan momen penolakan anti rasisme yang kuat.

Seperti diketahui, isu rasisme sempat menodai pelaksanaan Piala Menpora 2021. Netizen menyerang striker PSM Makassar Patrich Wanggai dengan ujaran rasis, sontak sejumlah klub, suporter dan rekan pesepakbola yang gerah pun menggaungkan semboyan untuk menendang jauh-jauh rasisme dari sepakbola.

"Itu bukan selebrasi Frets, melainkan selebrasi gol tim Persib. Sebelum pertandingan kemarin, kami mendapat imbauan dari OC untuk tidak melakukan selebrasi gol dengan saling berpelukan karena aturan COVID-19," ujar Robert dalam pesan suara yang diterima, Kamis (25/3).

"Di saat yang sama ada kejadian perundungan di sosial media berkaitan dengan rasisme, yang menurut kami sangatlah buruk dan tidak perlu terjadi. Kami juga membahas soal ini dan mengajukan kepada semua pemain, untuk merayakan gol secara terpisah-pisah dan mengikuti aturan turnamen," ujar Robert melanjutkan.

[Gambas:Instagram]



Saat-saat bersuka cita itu juga, kata Robert, juga dibungkus dengan pesan untuk menentang rasisme sekaligus menunjukkan betapa ketatnya protokol kesehatan yang diterapkan selama turnamen berlangsung.

"Ini cara baru Persib merayakan gol, masih bersama-sama dalam satu lingkaran dengan salah satu pencetak gol duduk di satu titik dan meneriakkan menang bersamaan," kata pelatih asal Belanda itu.

Pertemuan antara Persib Bandung dan Bali United berakhir dengan skor imbang 1-1. Pekan depan, Persib akan berhadapan dengan Persita Tangerang.

(yum/aff)