Shin Tae-yong Balik ke Korea karena Penyakit Penyerta Corona Memburuk

Tim Detikcom - Sepakbola
Sabtu, 27 Mar 2021 13:25 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong
Shin Tae-yong menjalani perawatan lanjutan di Korea Selatan. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta -

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memang sudah negatif COVID-19, namun dia belum sepenuhnya pulih karena ada penyakit penyerta yang memburuk.

Pria yang mengantar Seongnam Ilhwa Chunma juara Piala Champions Asia 1995 dan Liga Champions Asia 2010 sebagai pemain dan pelatih itu sempat dirawat di rumah sakit sejak, Sabtu (20/3). Kabarnya dia sampai masuk High Care Unit (HCU) di Rumah Sakit Siloam, Mampang Prapatan, Jakarta, karena COVID-19.

Pelatih fisik Timnas Indonesia, Lee Jae-hong, menyebut koleganya itu kondisinya cukup parah saat dirawat karena juga mengidap diabetes. Ada pula kabar yang berhembus bahwa Shin juga punya masalah dengan ginjal dan paru-paru.

Shin saat ini sudah dinyatakan negatif corona. Dia juga memilih kembali ke Korea Selatan menggunakan pesawat ambulans, Sabtu (27/3/2021) pagi WIB, dan sudah diizinkan oleh PSSI. Transportasi yang digunakan Shin ini adalah semuanya diurus oleh Kedutaan Besar Korea Selatan.

Kembalinya Shin ke negara asal ternyata untuk menjalani pengobatan lanjutan. Ada penyakit bawaan dari mantan pelatih Timnas Korea Selatan ini yang memburuk akibat corona.

"COVID-19 sudah negatif setelah perawatan, tetapi penyakit lainnya memburuk, jadi saya memutuskan untuk kembali ke Korea setelah menjalani perawatan," kata Shin Tae-yong kepada Yonhap.

PSSI pertama kali mengumumkan Shin mengidap virus Corona pada 20 Maret. Gejala sudah dirasakan Shin beberapa hari sebelumnya.

"Sebelum didiagnosis COVID-19, saya mengalami kesulitan dan tak tahu nama penyakitnya selama dua minggu. Kondisinya masih baik-baik saja," sambung Shin Tae-yong.



Simak Video "China-India Memanas, Shin Tae-yong Terancam Dipecat"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/pur)