Hasil Piala Menpora 2021: PSS Sleman Menang Tipis Atas Persik Kediri

Adhi Prasetya - Sepakbola
Kamis, 01 Apr 2021 17:20 WIB
Pesepak bola PSS Sleman Irfan Jaya (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Persik Kediri Andri Ibo (kiri) saat pertandingan sepak bola Group C Piala Menpora di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (1/4/2021). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/foc.
Andri Ibo (Persik) jatuh bangun menghalau Irfan Jaya (PSS). Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Kabupaten Bandung -

PSS Sleman meraih kemenangan perdana di Piala Menpora 2021. Berjumpa Persik Kediri di matchday ketiga Grup C, Super Elang Jawa menang tipis 1-0.

Di Stadion Si Jalak Harupat, Kamis (1/4/2021), kemenangan PSS tercipta berkat gol tunggal Nico Velez di menit ke-10. Kemenangan ini mendongkrak posisi skuad asuhan Dejan Antonic di klasemen sementara Grup C.

Saat ini, PSS naik ke posisi kedua dengan 4 poin dari tiga laga. Sedangkan bagi Persik, hasil ini membuat mereka tetap di posisi juru kunci dengan nirpoin dari dua laga. Sebelumnya, mereka tumbang 1-2 dari Persebaya Surabaya.

Selanjutnya, Persik akan menghadapi Madura United (3 April) dan Persela Lamongan (7 April). Sedangkan PSS akan rehat sejenak sebelum menjalani laga pamungkas menghadapi Persebaya pada 7 April.

Jalannya pertandingan

PSS membuka keunggulan di menit ke-10. Dalam sebuah serangan balik, Irfan Jaya membawa bola, menarik dua pemain belakang Persik ke arahnya. Saat masuk kotak penalti, Irfan mengoper bola kepada Velez yang berdiri bebas.

Dengan satu sepakan mendatar ke sudut kiri gawang, striker Argentina itu berhasil menaklukkan kiper Persik, Dikri Yusron. PSS memimpin 1-0.

Persik coba membalas. Di menit ke-20, Septian Bagaskara menggiring bola dari tengah lapangan lalu melepaskan tembakan jarak jauh, namun bisa diamankan kiper PSS, Adi Satryo. Tiga menit kemudian, sundulan Vava Mario Yagalo dari situasi sepak pojok masih melebar.

Pada menit ke-40, Persik mendapat kans kembali lewat pemain pengganti Hariyanto Panto, namun sepakannya di depan kotak penalti PSS masih melambung.

Skor 1-0 untuk PSS bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Persik yang butuh gol malah harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-51. Ahmad Agung mendapat kartu kuning kedua, dan harus meninggalkan pertandingan lebih cepat. Sebelumnya, ia sudah mendapat kartu kuning di menit ke-14.

Unggul jumlah pemain, PSS kesulitan menambah gol. Persik malah nyaris menyamakan kedudukan di menit ke-86 lewat tendangan bebas Antoni Putro, namun masih membentur tiang gawang PSS.

Namun kurangnya jumlah pemain membuat upaya Persik tak maksimal. Skor 1-0 untuk PSS bertahan hingga peluit panjang.

Starting line-up:

Persik Kediri: Dikri, Vava, OK John, Ibo, Dany, Ahmad, Ady, Krisna, Faris, Antoni, Septian

PSS Sleman: Adi Satryo, Arthur, Evans, Gufran, Maslac, Sukarta, Kim Kurniawan, Arsyad, Bachdim, Irfan Jaya, Nico Velez

(adp/krs)