Anak Muda yang Punya Klub Bola: Kaesang hingga Raffi Ahmad

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 01 Apr 2021 20:45 WIB
Raffi Ahmad telah mengakuisisi Cilegon United. Kini klub Liga 2 itu berganti nama menjadi RANS Cilegon FC.
Anak Muda yang Punya Klub Bola: Kaesang hingga Raffi Ahmad (Pradita Utama/detikkSport)
Jakarta -

Raffi Ahmad menambah daftar tokoh muda sepakbola di klub Indonesia. Sebelumnya sudah ada Nabil Husein di Borneo FC dan Kaesang Pangarep di Persis Solo.

Kemarin, Rabu (31/3/2021), Raffi Ahmad mengumumkan akuisisi Cilegon United yang diubah namanya menjadi Rans Cilegon FC. Raffi dengan bendera Rans Entertainment berkolaborasi dengan Prestige Motorcars untuk membeli Cilegon United.

Turunnya Raffi ke dunia sepakbola meramaikan darah-darah muda yang sudah ada. Sebelumnya, Nabil Husein sudah lebih lama berkiprah di sepakbola Indonesia sebagai Presiden Pusamania Borneo FC.

Malah Nabil sudah hampir tujuh tahun memimpin Borneo. Ia juga yang terlibat langsung pembentukan Borneo FC dengan membeli lisensi Perseba Bangkalan pada 2014 untuk berkompetisi di Divisi Utama tahun itu.

Borneo yang mengusung misi profesionalisme pengelolaan sepakbola Indonesia terhitung stabil dalam kiprahnya di kompetisi. Meski Borneo juga sempat dihantam isu pengaturan skor karena klub-klub kabarnya ogah bertemu klub yang bermarkas di Samarinda itu.

Meski begitu, Borneo berhasil cuma semusim bermain di Divisi Utama karena langsung promosi ke Liga Super Indonesia (ISL) mulai musim 2015. Gaya-gaya sepakbola ala Eropa kerap diterapkan di Borneo.

Misalnya dalam sesi pengenalan pemain baru Borneo. Pemain didandani serapi mungkin hingga mengenakan jas saat resmi diumumkan sebagai rekrutan baru.

Hebatnya lagi, Nabil cuma bocah berusia 20 tahun saat pertama kali memimpin Borneo sejak 2014. Meski sangat muda, ia bisa memimpin klub yang bermain di kompetisi tertinggi Indonesia

Suka tak suka, Nabil layak dianggap sukses menjaga Borneo terus eksis hingga kini. Borneo datang ke Samarinda untuk memberikan kebanggaan buat masyarakat lokal setelah bangkrutnya Persisam Putra Samarinda yang kemudian dijual dan kini menjadi Bali United.

Borneo FCBorneo FC (dok. Liga Indonesia)

(Halaman selanjutnya, Kaesang beli Persis Solo)

Selanjutnya
Halaman
1 2