Todd Rivaldo Ferre Nantikan Panggilan Timnas Indonesia, tapi...

Muhammad Robbani - Sepakbola
Jumat, 16 Apr 2021 19:47 WIB
Todd Rivaldo Ferre
Todd Rivaldo Ferre menunggu panggilan dari Timnas Indonesia. (Foto: detikcom/Ary Saputra)
Jakarta -

Todd Rivaldo Ferre harap-harap cemas menunggu panggilan Timnas Indonesia. Tapi ia bimbang, jadwalnya bisa bentrok agenda Persipura Jayapura di Piala AFC 2021.

Pemain muda andalan Persipura itu bisa saja dipanggil Timnas Indonesia yang akan gelar Pemusatan Latihan (TC) di Dubai, Uni Emirat Arab. Selain TC, Timnas Indonesia juga akan mainkan dua laga uji coba melawan Afghanistan (25/5/2021) dan Oman (29/5).

Setelah uji coba, lalu lanjut mainkan tiga laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai. Tim asuhan Shin Tae-yong akan melawan Thailand pada 3 Juni, lalu Vietnam 7 Juni, dan terakhir UEA pada 11 Juni.

Sementara itu, Todd yang baru saja kembali ke Persipura setelah sempat dipinjamkan ke klub Thailand, Lampang FC, berharap menjadi bagian Timnas Indonesia yang akan TC di Dubai. Meski cuma main beberapa laga bersama Lampang, Todd main cukup oke dan menyumbang 1 gol buat peserta kasta kedua Liga Thailand itu.

Dengan modal itu, Todd punya peluang untuk dipanggil Timnas Indonesia. Tapi Persipura akan memainkan laga play-off Piala AFC pada 19 Mei.

"Saya berharap dipanggil ke Timnas. Itu kan membantu jam terbang saya. Tapi di sisi lain saya lihat dulu apakah bentrok dengan jadwalnya persipura tidak," kata Todd kepada pewarta via tatap muka virtual.

"Sebab Persipura main Piala AFC Bulan Mei. Kalau dipanggil, saya akan bicarakan dengan Timnas apakah saya bisa bergabung dengan timnas setelah Persipura main atau bagaimana," ujarnya.

Bukan tanpa alasan Todd ngebet dipanggil Timnas Indonesia. Sudah kurang lebih dua tahun lamanya ia tak pernah memperkuat negara di pentas internasional.

Piala AFF U-22 2019 di Kamboja pada Februari 2019 adalah turnamen terakhir Todd di level Timnas. Ia belum kembali mengenakan jersey Merah-Putih setelah kursi pelatih beralih ke Shin Tae-yong.

"Saya pernah dipanggil sebenarnya pada Desember 2020. Tapi saya batal gabung karena Natal, pemusatan latihan pas 25 Desember, makanya saya tidak ikut pemusatan latihan," ucap pemain berusia 22 tahun.

"Sebagai pemain profesional saya harus menerima panggilan dari negara. Tapi kalau bentrok dengan jadwal Persipura, saya lebih memilih bermain untuk persipura lebih dulu karena di pentas AFC, pentas yang lebih tinggi dari Liga 1," ucapnya.

(cas/cas)