Final Piala Menpora 2021: Persija Vs Persib

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Selasa, 20 Apr 2021 06:00 WIB
PSM Makasar menjamu Persija Jakarta pada pertandingan leg 1 semifinal Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Kamis (15/4/2021). Hingga menit terakhir skor imbang 0-0.
Final Piala Menpora mempertemukan Persija vs Persib. (Foto: PIUS ERLANGGA)
Jakarta -

Final Piala Menpora 2021 mempertemukan dua klub dengan sejarah persaingan panjang di Indonesia. Persija Jakarta dan Persib Bandung akan berebut trofi.

Persija Jakarta lebih dulu memastikan kelolosan usai menang adu penalti 4-3 atas PSM Makassar, Minggu (18/4/2021) malam kemarin pada semifinal leg kedua. Leg pertama berakhir sama kuat 0-0.

Persib Bandung menyusul jejak tim ibukota itu usai berimbang 1-1 dengan PSS pada Senin (19/4) malam WIB. Hasil itu memastikan Maung Bandung menjejak partai final dengan agregat 3-2.

Pertemuan Persija vs Persib selalu menarik karena punya riwayat rivalitas yang panjang di sepakbola Indonesia. Keduanya juga punya kaya sejarah, yang merentang hingga era sebelum kemerdekaan.

Persija merupakan sembilan kali juara era Perserikatan, sementara Persib lima kali mengangkat trofi. Di era modern, Persija sekali jadi kampiun di masa Liga Indonesia lalu sekali saat kompetisi sudah bertajuk Liga 1.

Persib? Pangeran Biru sekali menjuarai kompetisi saat bernama Liga Indonesia, lalu sekali lagi memenanginya ketika bernama Liga Super Indonesia.

Final Piala Menpora 2021 sendiri akan digelar dalam dua leg. Leg pertama berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada 22 April mendatang. Lalu leg kedua digelar di Stadion Manahan, Solo, tiga hari berselang.

(raw/adp)