Persib Vs Persija: Sama-sama Pincang akibat Akumulasi Kartu

Muhammad Robbani - Sepakbola
Minggu, 25 Apr 2021 12:40 WIB
Jakarta -

Duel Persib Vs Persija di final leg kedua Piala Menpora 2021 dinaungi akumulasi buat kedua tim. Persib Bandung dan Persija Jakarta sama-sama kehilangan dua pemain.

Kedua tim akan berhadapan di Stadion Manahan, Solo, pukul 20.30 WIB, Minggu (25/4/2021). Untuk pertemuan kedua di partai puncak ini, Persib kehilangan Nick Kuipers dan Febri Hariyadi sedagkan Persija tak bisa mainkan Marko Simic dan Alfath Fathier.

Empat pemain di atas terpaksa absen karena akumulasi kartu kuning. Sebagaimana tercantum di regulasi, tak ada pemutihan di final Piala Menpora 2021.

Banner Final Piala Menpora 2021

Bagi Persib, kehilangan Febri menjadi hal yang paling disayangkan. Sang pemain sayap punya kontribusi bagus buat Persib sejak fase grup.

Febri tercatat sebagai pemain paling banyak membuat assist di Piala Menpora 2021 dengan total 3 kali. Tapi Febri tak sendiri karena Riko Simanjuntak dari Persija juga mengoleksi jumlah assist yang sama.

Tak hanya itu, Febri juga merajai catatan lainnya. Ia mencatat 9 kali dribbles succes atau yang terbanyak sepanjang Piala Menpora.

Selain itu, pilar Tim Sepakbola Jawa Barat di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 itu juga cuma kalah dari rekannya, Frets Butuan, soal create chances atau menciptakan peluang. Febri mencatat 8 kali menciptakan peluang, Frets 9 kali.

Dalam kondisi tertinggal 0-2 dari Persija, kehilangan Febri akan begitu terasa buat Persib. Mengandalkan Frets di sisi kiri pun bisa menjadi opsi buat Persib Vs Persija nanti malam.

Sementara itu, Persib butuh mencetak dua gol tanpa balas atau unggul selisih dua gol untuk menyamakan agregat. Kalau mau menang, Maung Bandung harus unggul dengan selisih tiga gol.

"Kami tidak akan menyerah dalam sepakbola sampai wasit memutuskan pertandingan berakhir. Kami mempunyai waktu selama 90 menit. Kami akan berusaha meraih kemenangan," kata Pelatih Persib Robert Rene Alberts soal akumulasi Nick Kuipers dan Febri.

Soal Nick Kuipers bakal absen, sebenarnya bukan hal yang mengkhawatirkan buat Persib. Pemain asal Belanda itu gagal menggalang duet tangguh bersama Victor Igbonefo di jantung pertahanan Persib.

Maung Bandung kebobolan delapan gol saat dua bek itu berduet. Totalnya Persib sudah kebobolan 9 gol di mana satu gol lainnya tercipta saat duet Igbonefo dan Achmad Jufriyanto yang bermain.

Persija pun tak menganggap absennya dua pilar Persib sebagai keuntungan. Pelatih Persija Sudirman akan tetap mewaspadai potensi comeback dari Persib.

"Kami tahu bahwa di bangku cadangan Persib ada banyak pemain dengan kualitas yang sama dengan kedua pemain tersebut," ucap Sudirman.

Sementara Persija juga tak perlu pusing-pusing amat dengan absennya Simic. Toh pemain asal Kroasia itu tengah mandul karena baru mencetak dua gol.

Persija malah bisa mencetak dua gol via dua pemain mudanya, Braif Fatari dan Taufik Hidayat, saat Simic dicadangkan di leg pertama. Simic gagal membuktikan diri saat diberikan kesempatan masuk di babak kedua.

Sudirman masih optimistis dengan skuadnya yang tanpa Simic dalam pertandingan Persib Vs Persija di final leg kedua Piala Menpora 2021 nanti malam. Ia masih mau timnya untuk menampilkan penampilan atraktif.

"Meskipun kami unggul, tak lantas akan bermain bertahan dan mengharapkan hasil imbang pada laga tersebut. Kami akan tetap bermain seperti biasa dan tetap ingin memenangi pertandingan," ucap Sudirman.

(krs/krs)