Piala Menpora 2021 Katalisator Kompetisi di Era Pandemi

Randy Prasatya - Sepakbola
Minggu, 25 Apr 2021 22:45 WIB
Persija Jakarta menjadi juara Piala Menpora 2021 usai menaklukkan Persib Bandung di dua leg pertandingan final.
Piala Menpora 2021 telah tuntas dan berjalan dengan sukses. (Foto: Pius Erlangga/Detikcom)
Jakarta -

Piala Menpora 2021 telah tuntas digelar. Ajang ini bak katalisator untuk menggelar berbagai kompetisi olahraga di Indonesia.

Persija Jakarta keluar sebagai juara Piala Menpora 2021. Macan Kemayoran menumbangkan Persib Bandung dengan agregat 4-1 setelah menang 2-0 di leg pertama dan 2-1 di pertemuan kedua.

Piala Menpora 2021 bukan sekadar turnamen pramusim, ajang ini juga bertujuan untuk melihat kesiapan ajang olahraga bergulir di era pandemi virus Corona. Perhelatannya pun dilakukan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Para klub yang terlibat bahkan harus menjalani vaksin, mulai dari tingkat bawah sampai atas. Tak lupa juga menjelang pertandingan ke pertandingan harus mengikuti Swab Antigen.

Pengecekan kesehatan yang ketat itu pula membuat Piala Menpora 2021 berjalan sukses. Tak ada pihak-pihak yang terpapar virus Corona selama turnamen bergulir dari 21 Maret sampai 25 April.

Piala Menpora 2021 juga tidak bosan-bosannya mengkampanyekan nonton dari rumah. PT. Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI, yang ikut terlibat dalam penyelenggaraan ajang ini, juga mengajak para kelompok suporter untuk berlomba mendukung klub kesayangan dari rumah. Ada hadiah yang diberikan untuk para suporter yang kreatif dalam memberikan dukungan di rumah.

"Saya berterima kasih kepada seluruh elemen yang mendukung turnamen ini berjalan lancar sejak awal hingga pertandingan terakhir ini (final). Saya juga memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh pendukung klub yang terlibat untuk mematuhi regulasi tak hadir ke stadion, dan tak berkerumun," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Semua peserta Piala Menpora 2021 sudah divaksin COVID-19.Semua peserta Piala Menpora 2021 sudah divaksin COVID-19. Foto: dok.PSSI

Bola yang digunakan dalam pertandingan juga terus disemprot disinfektan. Mereka yang bertugas menyemprot bola dengan disinfektan selama laga bergulir adalah anak gawang.

Meski berlangsung di era pandemi virus Corona, Piala Menpora 2021 tetap ada konferensi pers jelang laga dan pasca pertandingan. Penyajiannya sangat berbeda seperti sebelum ada pandemi, yang kini semua dilakukan secara virtual.

Cara tersebut tentu pilihan terbaik demi membantu awak media mendapatkan informasi terkait Piala Menpora 2021 dan menyampaikannya kepada masyarakat. Namun, di sisi lain tetap ada media yang meliput di lapangan secara langsung meski sangat dibatasi jumlahnya.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak khususnya kepada Ketua Umum PSSI dan juga penyelenggara dan juga tentu apresiasi dan terimakasih dari pemerintah ini saya sampaikan berulang-ulang kepada para suporter kita, kepada para pendukung, pencinta sepakbola yang sudah mematuhi semua anjuran yang dibuat oleh panitia," kata Menpora Zainudin Amali dalam keterangan tertulis.

Perhelatan Piala Menpora 2021 juga terus mendapat pantauan dari Presiden RI Joko Widodo. Meskipun tak datang ke venue laga, beliau menyimaknya lewat media.

"Beliau (Presiden Jokowi) sangat apresiasi dan terimakasih kepada PSSI, kepada penyelenggara dan juga pada para penggemar sepakbola seluruh tanah air," jelasnya.

Selepas Piala Menpora 2021, sepakbola bakal menggelar Shopee Liga 1 2021. Mengingat perhelatan pramusim berjalan sukses, PSSI dan PT. LIB seharusnya sudah tidak gagap lagi menggelar kompetisi, yang nantinya diiringi bergulirnya Liga 2.



Simak Video "Gairah Pencinta Sepak Bola saat Piala Menpora Digelar di Masa Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/aff)