Kick Off Liga 2 2021 Rencananya Digelar Dua Pekan Setelah Liga 1

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 29 Apr 2021 19:25 WIB
Akhmad Hadian Lukita
Kick Off Liga 2 2021 Rencananya Digelar Dua Pekan Setelah Liga 1 (detikcom/Muhammad Robbani)
Jakarta -

Rencana kick off Liga 2 2021 akhirnya diungkapkan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB). Kelangsungan kapan Liga 2 akan digulirkan akan sangat bergantung dengan Liga 1.

Sampai saat ini belum ada kepastian kapan kompetisi kasta kedua ini akan dilaksanakan. Pekan lalu, PSSI dan PT LIB mengumumkan tentang rencana menggulirkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

Saat itu Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Kantor Kemenpora menyebut bahwa Liga 1 kick off digelar pada 3 Juli. Tetapi baru Liga 1 saja yang sudah ditetapkan jadwal sepak mulanya.

"Kalau Liga 1 kan 3 Juli. Kami merancang bagaimana kalau Liga 2 digelar dua pekan setelah kick off Liga 1. Tapi ini belum ditetapkan. Kira-kira begitulah, tak lama setelah Liga 1," kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita kepada detikSport.

Ada kabar yang menyebut bahwa Liga 2 nantinya bakal mengizinkan klub untuk mengontrak pemain asing lagi. Dalam beberapa musim terakhir memang klub Liga 2 dilarang mengontrak pemain impor.

Ada beberapa klub seperti Sriwijaya FC yang dikabarkan mengusulkan penggunaan pemain impor lagi di Liga 2. Soal ini, PT LIB tak bisa berbicara banyak.

"Nah itu bisa ditanyakan ke PSSI, karena usulannya ke PSSI bukan ke PT LIB. Kalau PSSI mengizinkan, kami siap untuk menjalankannya," ucap Lukita.

Meski kalah pamor dari Liga 1, Liga 2 musim mendatang diperkirakan akan semarak. Hal itu tak terlepas dari geliat para pengusaha yang ramai-ramai menjadi investor klub-klub Liga 2.

Ada PSG Pati, Dewa United, Persis Solo, Rans Cilegon FC. Masih ada juga mantan klub-klub Liga 1 yang akan memperebutkan promosi seperti PSMS Medan, Semen Padang, dan Sriwijaya.

(aff/cas)