Shin Tae-yong Sudah di Jakarta, tapi Belum Pimpin Latihan Timnas

Mercy Raya - Sepakbola
Senin, 03 Mei 2021 11:25 WIB
Shin Tae-yong memberikan instruksi di laga Timnas Indonesia U-23 melawan Tira Persikabo di Stadion Madya, Kamis 5 Maret 2021.
Shin Tae-yong Sudah di Jakarta, tapi Belum Pimpin Latihan Timnas. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah tiba di Jakarta. Tapi ia belum bisa langsung memimpin latihan para pemain skuad Garuda.

Shin mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, pada Minggu (2/5) pukul 20.30 WIB. Kedatangannya disambut Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri dan dokter Syarif Alwi, kepala tim medis PSSI.

Namun, Shin Tae-yong dipastikan belum memimpin Timnas hingga lima hari ke depan. Setelah ia menjalani swab test PCR (Polimerase Chain Reaction), pelatih asal Korea Selatan itu harus menjalani karantina mandiri selama lima hari di Hotel Fairmont.

Menyesuaikan kebijakan Surat Edaran (SSE) Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 8 tahun 2021 tentang protokol kesehatan perjalanan internasional di masa pandemi COVID-19, khusus WNA yang berstatus kepala perwakilan asing dan keluarga yang bertugas di Indonesia dapat menjalani karantina mandiri di kediaman masing-masing selama lima hari.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, yang mengetahui kedatangan pelatihnya, menjelaskan kondisi Shin dalam keadaan baik dan sehat. Sebelumnya, pelatih Timnas Indonesia berusia 51 tahun itu kembali ke negeri asalnya untuk menjalani pengobatan lanjutan, usai terkena COVID-19.

"Alhamdullilah pelatih Shin Tae-yong sudah tiba di Jakarta. Ia pun langsung melakukan tes swab PCR dan akan menjalani program karantina mandiri selama lima hari di hotel. Namun pelatih Shin Tae-yong baru bisa memimpin latihan timnas Indonesia usai melakukan lima hari karantina mandiri," kata Iriawan dalam laman PSSI.

Iriawan juga menyampaikan bahwa Shin Tae-yong sudah tidak sabar kembali melatih langsung skuad Garuda. Timnas Indonesia dipersiapkan untuk menghadapi tiga pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 grup G di Uni Emirat Arab (UEA).

Timnas Indonesia menghadapi Thailand pada 3 Juni, lalu Vietnam 7 Juni, dan terakhir UEA pada 11 Juni. Mereka juga akan melakoni dua kali uji coba internasional melawan Afganistan pada 25 Mei dan menghadapi Oman pada empat hari berikutnya.

"Saat ini latihan timnas Indonesia yang sudah berlangsung selama dua hari berjalan dengan baik dan lancar. Para pemain tampak bersemangat dan bekerja keras," ujar Iwan Bule, panggilan karib Mochamad Iriawan.

(mcy/krs)