Shin Tae-yong Tak Bisa Pimpin TC Awal Timnas Indonesia

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 01 Mei 2021 17:35 WIB
Shin Tae-yong
Shin Tae-yong Tak Bisa Pimpin TC Awal Timnas Indonesia (Muhammad Robbani/detikSport)
Jakarta -

Pemusatan Latihan (TC) Timnas Indonesia mulai 1 Mei mendatang belum akan ditangani secara langsung oleh Shin Tae-yong. Nova Arianto akan menggantikan sementara.

Shin Tae-yong kemungkinan belum tiba di Indonesia pada hari pertama TC Pasukan Garuda. Sang pelatih dijadwalkan baru akan ke Indonesia pada 2 Mei.

Jika pun datang tepat waktu, Shin Tae-yong juga tak bisa ujug-ujug langsung memimpin latihan Timnas Indonesia yang rencananya digelar di Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta. Sesuai aturan pemerintah, orang dari luar negeri wajib menjalani karantina selama lima hari.

"Kan masih ada Nova juga. Jadi Shin Tae-yong harus mengikuti aturan karantina dulu karena harus sesuai dengan aturan negara," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada wartawan.

Adapun Shin Tae-yong memilih pulang ke Korea untuk menjalani penyembuhan setelah sempat terpapar COVID-19 di Indonesia. Dengan pulang kampung, ia berharap mendapat penanganan yang lebih baik.

Eks pemain sekaligus pelatih Seongnam Ilhwa Chunma itu sudah beraktivitas secara normal. Bahkan menyempatkan diri menyaksikan secara langsung permainan Asnawi Mangkualam bersama Ansan Greeners di laga K League 2 beberapa waktu lalu.

"Dia (Shin Tae-yong) sudah sehat dan tinggal balik ke sini saja," ujar Yunus Nusi soal kondisi Shin Tae-yong.

TC Timnas Indonesia ini digelar untuk persiapan tiga laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada 3-11 Juni mendatang di Uni Emirat Arab (UEA). Pratama Arhan Cs bakal mainkan uji coba juga melawan Afghanistan dan Oman pada akhir Juni di UEA.

(aff/rin)