Usai Libur Lebaran, Menpora Akan Bahas Wacana Liga 1 dengan Penonton

Mercy Raya - Sepakbola
Senin, 10 Mei 2021 19:30 WIB
Menpora Zainudin Amali
Usai Libur Lebaran, Menpora Akan Bahas Liga 1 Boleh Dihadiri Penonton (dok Kemenpora)
Jakarta -

Menpora Zainudin Amali bakal menyiapkan waktu untuk bertemu PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI. Khusus untuk membahas wacana Liga 1 2021 dihadiri penonton.

Hal itu ditegaskan politikus Golkar itu, setelah pihaknya menerima materi dari PT LIB terkait rencana tersebut beberapa waktu lalu. Dia menyebut akan membahas dalam rapat koordinasi setelah libur Idul Fitri.

"Ya, sudah disampaikan (dari LIB) nanti habis Lebaran kita akan rakor lagi, melakukan rapat koordinasi seperti apa yang telah dilakukan saat pengajuan pramusim Piala Menpora kemarin," kata Amali di Kantor Kemenpora, Senin (10/5/2021).

"Karena sekarang kan waktu hari kantor tinggal hari ini dan besok, jadi setelah Lebaran baru akan kita bahas lagi," dia menegaskan.

Rapat ini penting dilakukan untuk melihat kajian lebih dalam bersama PSSI, PT LIB, dan kepolisian jelang akan digulirkan Liga 1 dan 2. Selain itu, Presiden Joko Widodo juga disebut telah membuka peluang terkait hal tersebut untuk menampung aspirasi masyarakat pecinta sepakbola Indonesia.

Sebelumnya, Akhmad Hadian Lukita, Direktur Utama PT LIB, mengaku telah menyiapkan skema pertandingan Liga 1 tanpa suporter. Format itu sudah diberikan kepada Kemenpora dan Kepolisian.

"Kami memang diminta beberapa dokumen misalnya soal protokol kesehatan dengan penonton ada infografisnya yang bisa memperkuat perencanaan seperti apa nanti kalau kita adakan seperti itu," kata Hadian beberapa waktu lalu.

"Tapi untuk waktu sependek ini, kami (hanya bisa) buat kajian sederhana atau kajian awal. Saya perkirakan butuh 5 bulan untuk membuat kajian lengkap pertandingan dengan protokol kesehatan dan ada penonton terbatas," ujarnya.

(mcy/aff)