Lepas Timnas Indonesia ke Dubai, Ketum PSSI Sampaikan Pesan Ini

Mercy Raya - Sepakbola
Jumat, 14 Mei 2021 19:10 WIB
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, atau biasa disapa Iwan Bule.
Pesan ketum PSSI, Mochamad Iriawan, ke Timnas Indonesia sebelum bertolak ke Dubai, Uni Emirat Arab. (Foto: detikcom/Mercy Raya)
Jakarta -

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, membakar semangat Timnas Indonesia menuju kualifikasi Piala Dunia 2022. Ia meminta Evan Dimas dkk untuk siap mati di lapangan.

Skuad Timnas Indonesia akan terbang ke Dubai pada Senin (17/5/2021). Meski begitu, Iwan Bule, panggilan karib Mochamad Iriawan, sudah mengagendakan untuk memberikan arahan H-2 jelang keberangkatan. Arahan sekaligus pelepasan itu dilakukan PSSI di Hotel Fairmont, Sudirman, Jakarta.

"Mereka adalah pemuda-pemuda pilihan. Saya sampaikan dari puluhan bahkan ratusan ribu yang terpilih 28 pemain. Artinya mereka pilihan dan itu keputusan pelatih," kata Iwan Bule pada Jumat (14/5/2021)

"Kedua, saya memberikan semangat agar mereka memberikan yang terbaik kepada bangsa Indonesia. Selama mereka bertugas, baik itu TC, kemudian prematch lawan Oman dan Afganistan, kemudian sisa pertandingan kualifikasi," ujarnya.

Dalam arahannya, Iwan Bule berulang kali untuk meminta para pemainnya memberikan yang terbaik kepada negara. Bahkan, jika harus mati di lapangan harus dilakukan. Hal itu pun diharapkan Iwan Bule bisa memacu semangat para pemain Timnas Indonesia dan bukan menjadi beban.

"Saya memberikan semangat. Saya bilang kan mati pun di lapangan harus siap. Itu kan arti filosofinya. Ya, kalau di tentara mati dalam pertempuran itu suatu kehormatan, kalau mereka mereka berikan yang terbaik dalam penampilan, itu suatu kehormatan," ujarnya.

Bukan tanpa alasan Iriawan mengatakan demikian. Ia sudah membuktikan saat Timnas U-19 berhasil di Kroasia. Mereka meraih lima kali kemenangan, tiga kali seri, dan tiga kali kekalahan.

"Saya tak ingin pencitraan, 'oh ketum pura-pura ada video call'. Bukan. Itu asli, tanyakan saja kepada mereka," katanya.

Timnas Indonesia tergabung dalam grup G dalam lanjutan kualfiikasi Piala Dunia 2021 yang berlangsung di Uni Emirat Arab. Mereka akan menghadapi Thailand pada 3 Juni, lalu Vietnam 7 Juni, dan terakhir UEA pada 11 Juni.

Poin maksimal yang bisa diraih Timnas Indonesia adalah sembilan angka dengan catatan menang semua laga sisa. Sementara itu, yang lolos ke babak selanjutnya hanya juara grup dan runner-up, yang saat ini diisi oleh Vietnam (11 poin) dan Malaysia (9 poin).



Simak Video "Top 5: Indonesia Vs Thailand Imbang 2-2, Pemobil Cekcok Gegara Rotor"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)