Gabung Timnas, Asnawi Diupayakan Ansan Dapat Keringanan Karantina

Muhammad Robbani - Sepakbola
Minggu, 16 Mei 2021 16:15 WIB
asnawi mangkualam ansan greeners
Asnawi Mangkualam dilepas Ansan Greeners ke Timnas Indonesia. (Foto: Instagram @asnawi_bhr)
Jakarta -

Ansan Greeners akhirnya merelakan Asnawi Mangkualam ke Timnas Indonesia. Klub pun melobi pemerintah Korea Selatan agar Asnawi tak perlu karantina saat kembali.

Asnawi akan menyusul Timnas Indonesia di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), pada 18 Mei mendatang. Ia menyusul pasukan Shin Tae-yong yang akan berangkat ke Dubai dari Jakarta pada, Minggu (16/5), malam, WIB.

Paling cepat, Asnawi baru bisa kembali ke Korea pada 12 Juni atau sehari setelah laga terakhir Timnas Indonesia di Dubai. Pasukan Garuda dijadwalkan memainkan laga terakhirnya di Dubai melawan Timnas UEA pada 11 Juni.

Tapi, Asnawi dipastikan tak bisa langsung bergabung ke Ansan sekembalinya ke Korea. Asnawi wajib menjalani karantina selama dua pekan. Soal ini, Ansan mau melobi.

"Asnawi akan berangkat ke Dubai pada 18 Mei untuk bergabung ke Timnas Indonesia," kata salah seorang ofisial Ansan yang dikutip dari media Korea, News1.

"Kami sedang mendiskusikan dengan departemen terkait, tapi memang tak akan mudah (untuk mendapatkan keringanan isolasi)," tutur ofisial itu.

Jika pada akhirnya Asnawi tetap isolasi, maka eks PSM Makassar bakal absen lebih dari 1 bulan tak membela Ansan. Dengan Asumsi kembali ke Korea paling cepat pada 12 Juni, Asnawi baru selesai isolasi mandiri pada 26 Juni.

Jika skenario itu yang terjadi, maka Asnawi absen bersama Ansan selama 39 hari. Saat pertama kali gabung Ansan, Asnawi malah pernah langsung dua kali menjalani isolasi atau selama empat pekan.

"Saya sebenarnya tak mau melepasnya pergi, tapi dia dapat panggilan negara. Saya harus merelakannya," ujar pelatih Ansan Kim Gil-sik.

"Ya memang berat jika harus isolasi lagi musim ini, tapi kalau memang begitu aturannya ya sudah," ucap Asnawi.



Simak Video "Top 5: Indonesia Vs Thailand Imbang 2-2, Pemobil Cekcok Gegara Rotor"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/ran)