Shin Tae-yong Tegas! Osvaldo Dihukum, Rifad Marasabessy Ditegur

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 20 Mei 2021 15:00 WIB
Jakarta -

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menunjukkan ketegasan di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Osvaldo Haay dihukum, sementara Rifad Marasabessy ditegur.

Shin Tae-yong mau pemain bersungguh-sungguh selama menjalani Pemusatan Latihan (TC) di Dubai. Sedikit saja pemain melakukan kesalahan, hukuman dan teguran sudah siap menghampiri.

Osvaldo Haay menjadi salah satu yang merasakan ketegasan pelatih asal Korea. Pemain Persija Jakarta itu beberapa kali melakukan kesalahan dalam sesi latihan.

"Tidak boleh ada kesalahan dalam latihan, coach Shin Tae-yong sangat detail. Saya dua kali kena hukuman berlari," kata Osvaldo dalam rilis PSSI.

"Saya dihukum karena ada sesuatu yang salah saat berlatih. Tentu saya terima kasih kepada pelatih, karena itu bagus untuk perbaikan diri sendiri," ujarnya.

Shin Tae-yong berharap para pemain bisa memperbaiki kekurangannya yang selama ini menjadi kelemahan pemain Indonesia. Ia menilai sampai saat ini masih banyak hal yang harus diperbaiki.

"Komunikasi harus terus dibangun lebih baik lagi, harus bisa bicara lantang, tegas dan jelas di atas lapangan, panggil temannya saat ingin meminta bola," tutur Shin Tae-yong.

"Teman yang memegang bola juga harus bisa melihat posisi rekannya yang kosong. Sejauh ini kondisi tim membaik dan antar sesama pemain semakin kompak baik di lapangan atau di luar lapangan. Harus lebih baik lagi, nanti," ucap eks pemain dan pelatih Seongnam Ilhwa Chunma itu.

Bukan cuma kesalahan dalam lapangan yang disorot Shin Tae-yong. Pola makan pun harus benar-benar diperhatikan pemain. Soal ini, Rifad Marasabessy yang mendapat teguran.

"Harus makan high protein agar bisa meningkatkan kondisi fisik mereka. Untuk meningkatkan fisik, butuh konsumsi makanan yang benar. Ada pemain yang saya tegur sedikit karena konsumsinya tidak benar," ucap Shin Tae-yong merujuk ke Rifad Marasabessy.

(cas/aff)