Menpora: Kapolri Sedang di Papua, Makanya Izin Liga 1 Belum Keluar

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 27 Mei 2021 23:05 WIB
Menpora Zainudin Amali
Menpora: Kapolri Sedang di Papua, Makanya Izin Liga 1 Belum Keluar (dok. Kemenpora)
Jakarta -

Menpora Zainudin Amali menyebut kemungkinan penundaan pengumuman izin Liga 1 & Liga 2 2021 lantaran Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bertugas di Papua.

Sebelumnya, Asops Kapolri Irjen Imam Sugianto mengungkapkan bahwa izin kompetisi paling lambat turun pada 27 Mei. Tapi hingga saat ini belum ada tanda-tanda Polri akan mengeluarkan pengumuman itu.

Menyoal itu, Amali menyebut bahwa pengumuman izin dari Polri akan tertunda. Tapi ia memastikan bahwa izin kompetisi pasti akan diberikan Polri dalam waktu dekat, tinggal menunggu kepulangan Kapolri saja.

"Saya sangat meyakini, Polri akan mengeluarkan izin itu. Tetapi sekarang ini, kondisi tidak memungkinkan. Sebab, Pak Kapolri masih di Papua. Pak Asops juga. Saya maklumi itu," kata Amali di kantornya, Rabu (27/5/2021).

"Liga 1 dan Liga 2 segera bergulir. Tinggal menunggu izin dari Polri. Kami sudah menggelar rapat koordinasi dengan PSSI, PT LIB, Polri, BNPB, dan Satgas COVID-19. Mudah-mudahan dalam waktu dekat izin sudah keluar.

Listyo Sigit dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sedang melakukan kunjungan kerja ke Papua pada 26-27 Mei. Mereka ke sana dalam rangka berbagai agenda, seperti mengecek kesiapan PON Papua dan berbagai kegiatan lainnya.

Amali yakin bahwa penundaan izin kompetisi hanya disebabkan kepergian Kapolri saja. Sekembalinya ke Jakarta, Kapolri pasti akan langsung mengumumkan izin kompetisi.

"Saya kira komitmen Polri sudah sangat jelas. Semua persyaratan baik dari kami, PSSI, BNPB, dan Satgas COVID-19 sudah menjadi bahan pertimbangan Polri," ujar Amali.

"Saya kira dalam 1-2 hari ini, sesegera mungkin izin bisa turun dan tidak ada masalah lagi. Jadi sekali lagi, saya menjamin bahwa izin untuk kompetisi Insyaallah akan keluar. Tinggal menunggu dari Polri saja," ucap pria asal Gorontalo.

(aff/mrp)