Ada Kemungkinan Bali United Vs Persija Jadi Pembuka Liga 1 2021

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 27 Mei 2021 15:50 WIB
Persija Jakarta menjadi juara Piala Menpora 2021 usai menaklukkan Persib Bandung di dua leg pertandingan final.
Ada Kemungkinan Bali United Vs Persija Jadi Pembuka Liga 1 2021 (ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)
Jakarta -

PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah menyusun draft jadwal kompetisi Liga 1 2021. Salah satu adalah potensi laga pembuka Bali United melawan Persija Jakarta.

Meski tak diatur secara khusus di regulasi, partai pembuka biasanya mempertemukan para juara. Satu klub dari juara terakhir kompetisi dan satu klub lainnya dari juara turnamen. Bali United adalah juara Liga 1 2019, sementara Persija juara Piala Menpora 2021.

Operator kompetisi mengakui bahwa ada potensi pertemuan Bali United melawan Persija pada partai pembuka. Hal itu juga sudah masuk dalam draft jadwal kompetisi.

"Draft sudah ada, tapi jadwal lebih detail siapa lawan siapa itu belum matang. Tapi 'tanggal segini', matchday 1, itu sudah ada. Draft masih 3 Juli," kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita kepada detikSport.

Namun rencana itu masih bisa berubah. PT LIB masih menunggu perkembangan terkait kiprah dua klub Indonesia yakni Persipura Jayapura dan Bali United yang akan tampil di Piala AFC 2021.

Persipura yang tergabung di Grup H akan memulai kiprahnya mulai 29 Juni mendatang dengan Singapura menjadi lokasi terpusat. Sementara Bali United akan tampil mulai 30 Juni, tapi belum ditentukan oleh AFC dimana lokasi terpusat untuk para peserta Grup G.

"Ini ada beberapa skenario, karena juara terakhir 2020 kan nggak ada, klasemen juga cuma tiga pekan. Apakah pakai tim juara Piala Menpora juga bisa. Tidak ada ketentuan baku. Kami masih matangkan, salah satunya bisa itu (Bali United Vs Persija). Bisa juga dari liga-liga sebelumnya. Belum matang betul, nanti dirapatkan dalam meeting dengan klub," tutur Lukita.

"Club meeting setelah kongres kemungkinan, karena Jumat (28 Mei) klub baru pada datang (ke Jakarta untuk Kongres PSSI). Waktunya nggak cukup. Yang pasti setelah izin keluar biar enak," ucapnya.

(aff/cas)