Kapolri Sebut Piala Menpora Jadi Acuan Izin Liga 1 & Liga 2

Yudistira Imandiar - Sepakbola
Senin, 31 Mei 2021 22:40 WIB
Kapolri izinkan turnamen Liga 1 dan Liga 2 berdasarkan evaluasi Piala Menpora
Kapolri akhirnya mengizinkan Liga 1 dan Liga 2 berjalan di tengah pandemi virus corona (dok.Kemenpora)
Jakarta -

Polri akhirnya mengizinkan Liga 1 dan Liga 2 bergulir tahun. Keberhasilan Piala Menpora 2021 jadi acuan mengapa izin akhirnya diterbitkan.

Setelah berhenti setahun lebih karena pandemi virus corona, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 dijadwalkan bergulir bulan Juli mendatang.

"Turnamen Pra Musim Piala Menpora berjalan bagus, meskipun ada catatan di akhir turnamen ada pelanggaran kerumunan para suporter/pendukung," ungkap Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dikutip dalam keterangan tertulis, Senin (31/5/2021).

Listyo menegaskan penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 harus tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan. Kerumunan oknum suporter seperti yang terjadi usai final Piala Menpora tak boleh terulang.

"Saya sudah menerima permohonan izin tentang Liga 1 dan Liga 2 dan sudah dilakukan serangkaian diskusi dengan melandaskan pada evaluasi pelaksanaan Turnamen Pra Musim Piala Menpora waktu itu. Oleh karenanya, untuk Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 diberikan izin dengan catatan menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat," ulas Listyo.

Ia menambahkan izin kehadiran penonton di stadion masih menunggu perkembangan situasi pandemi COVID-19. Selain itu, Kapolri berpesan agar para pecinta sepak bola di Tanah Air menaati aturan karena sikap suporter akan berdampak pada tim yang berlaga.

"Masih di bulan Juli, kita lihat perkembangan angka perkembangan COVID apakah menurun atau naik usai liburan ini, masih dipantau. Yang penting lagi adalah dalam perjalanan kompetisi akan selalu dievaluasi, maka bagi para pecinta klub/tim tetap jaga aturan karena akan mempengaruhi tim kesayangannya," jelas Listyo.

Sebagai informasi, Liga 1 rencananya akan digelar dengan sistem seri dengan total 6 seri. Sementara Liga 2 akan digelar dengan sistem empat wilayah. Liga 1 akan kick off pada 10 Juli, sedangkan Liga 2 dimulai dua pekan setelah Liga 1.



Simak Video "KOI Minta Kompetisi All England Dihentikan!"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)