Singapura Lockdown, Nasib Bali United & Persipura Menggantung di Piala AFC

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 02 Jun 2021 12:40 WIB
Persipura Jayapura
Singapura Lockdown, Nasib Bali United & Persipura Menggantung di Piala AFC (dok. PT Liga Indonesia Baru)
Jakarta -

Kebijakan lockdown di Singapura bikin nasib Bali United dan Persipura Jayapura menggantung di Piala AFC 2021. Padahal fase grup akan dimulai akhir Juni ini.

Sampai saat ini belum ada kepastian kapan laga fase Grup G dan H akan dimulai imbas dari penerapan lockdown di Singapura. Bali United tergabung di Grup G, sementara Persipura di Grup H.

Dalam jadwal awal, matchday pertama Grup G seharusnya dimulai pada 30 Juni dengan Bali United akan melawan Boeung Ket dari Kamboja. Sementara Grup H dimulai pada 29 Juni dengan Persipura melawan Kedah Darul Aman dari Malaysia.

Dua grup dari Zona ASEAN yakni H dan I rencananya digelar dengan Singapura yang ditunjuk AFC menjadi lokasi sentralisasi. Sementara Grup G yang diisi Bali United adalah satu-satunya grup yang belum ditentukan siapa yang akan menjadi tuan rumahnya.

Besar kemungkinan Singapura akan kembali ditunjuk menjadi tuan rumah Grup G setelah menjadi tuan rumah Grup H dan I. Tetapi karena lockdown, Singapura pun batal menjadi tuan rumah untuk fase grup Zona ASEAN yakni Grup G, H, dan I.

Sebagai informasi, kejuaraan antar-klub Asia untuk fase grup yakni Piala AFC dan Liga Champions Asia bakal digelar terpusat (sentralisasi). AFC sudah memutuskan siapa-siapa saja yang menjadi tuan rumah Piala AFC dan Liga Champions Asia pada 1 Maret lalu.

"Kami kan Grup G ya tuan rumahnya mengundurkan diri dari Singapura. Dan belum tahu venue-nya jadinya dimana, negara Asean lagi lockdown, termasuk Malaysia," kata General Manager Bali United Indy Andrea Mumu saat ditemui belum lama ini.

"Jadi kami belum tahu sih jadwal kami di Piala AFC bakalan mundur atau tetap. Venue-nya saja kami belum tahu," ujarnya menambahkan.

General Manager Bali United Indy Andrea MumuGeneral Manager Bali United, Indy Andrea Mumu (Muhammad Robbani/detikSport)

Senada dengan Bali United, Persipura Jayapura juga sedang menantikan kabar terbaru dari AFC. Sampai saat ini Persipura masih mempersiapkan diri untuk bertanding sesuai jadwal awal.

Rencananya Persipura akan menggelar uji coba demi menyambut Piala AFC. Uji coba tetap akan digelar meski Singapura batal menjadi tuan rumah dan belum ada kepastian pengganti atau jadwal terbaru fase grup.

"Sekarang kami sudah mendapat lawan uji coba. Planning-nya tanggal 5 (Juni) ke Kediri dari situ ke Jakarta tanggal 6 dan akan latihan di sini (Jakarta). Planning yang dibuat itu sebelum informasi pengunduran diri Singapura sebagai tuan rumah," tutur Manajer Persipura Ridwan Madubun Bento.

"Sampai sejauh ini kami belum terima konfirmasi atau informasi pembatalan dari AFC. Tapi pengunduran diri dari Singapura sebagai tuan rumah iya, tapi perubahannya belum tahu," ucap pria yang sebelumnya menjabat Media Officer Persipura itu.

Manajer Persipura Ridwan Madubun Bento.Manajer Persipura, Ridwan Madubun Bento (Muhammad Robbani/detikSport)
(aff/cas)