Menanti Sentuhan Shin Tae-yong di 'Generasi Baru' Timnas Indonesia

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 03 Jun 2021 18:00 WIB
Sejumlah pemain Tim Nasional Indonesia melakukan sesi latihan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (11/5/2021). Latihan tersebut dipantau langsung Ketua Umum PSSI Mohammad Iriawan dan Kaesang Pangarep.
Menanti Sentuhan Shin Tae-yong di 'Generasi Baru' Timnas Indonesia (Foto: Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta -

Timnas Indonesia akan memainkan laga internasional resmi pertama non uji-coba melawan Thailand, Kamis (3/6/2021). Patut dinantikan sentuhan Shin Tae-yong di laga nanti.

Timnas Indonesia dijadwalkan melawan Thailand di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), pukul 20.45 waktu setempat atau 23.45 WIB. Ini adalah matchday keenam Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G.

Menjelang laga ini, Shin Tae-yong belum pernah memimpin Timnas Indonesia di laga resmi non uji-coba sejak ditunjuk PSSI pada akhir 2019 lalu. Pandemi COVID-19 bikin Shin Tae-yong urung memimpin Timnas Indonesia.

Padahal, ada harapan besar dari masyarakat Indonesia mengingat profil besar Shin Tae-yong yang sebelumnya melatih Korea di Piala Dunia 2018. Selain itu, ia juga pernah mengantar Seongnam Ilhwa Chunma juara Liga Champions Asia 2010.

PSSI pun langsung memberikan kontrak panjang berdurasi empat tahun. Wajar jika ekspektasi besar ditaruh di pundak pria yang pernah membobol gawang Persik Kediri di Liga Champions Asia 2004 itu.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memimpin Timnas U-23 di laga uji coba melawan Tira Persikabo di Stadion Madya, Jakarta, Kamis 5 Juli 2021.Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (Rifkianto Nugroho/detikSport)

Terbaru, Shin Tae-yong baru saja memimpin dua laga uji coba internasional melawan Afghanistan dan Oman. Laga Oman akhirnya didaftarkan PSSI menjadi FIFA A Match yang artinya menjadi laga resmi.

Hasilnya belum memuaskan, Timnas Indonesia kalah 2-3 dari Afghanistan dan 1-3 dari Oman. Tapi namanya uji coba, belum menggambarkan secara keseluruhan kekuatan tim.

Adapun Timnas Indonesia yang dibawa ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 kali ini sudah menjalani Pemusatan Latihan (TC) di Jakarta sejak awal Mei lalu. Sebanyak 28 dengan komposisi 23 pemain dan lima pemain dari luar negeri pemain dibawa ke Dubai.

Menariknya, banyak pemain muda yang dipanggil Shin Tae-yong dalam kesempatan kali ini. Tak cuma muda, kebanyakan dari mereka bahkan masih minim menit bermainnya di level senior bersama klubnya masing-masing. Cuma Evan Dimas dari skuad lama Timnas Indonesia yang dipertahankan.

Dari total skuad yang ada di Dubai, cuma 23 pemain yang didaftarkan untuk Pra-Piala Dunia akan memainkan tiga pertandingan. Pertama melawan Thailand pada 3 Juni, Vietnam pada 7 Juni, dan UEA pada 11 Juni.

"Persiapan untuk tiga pertandingan ini, sengaja kami mengganti dengan generasi baru. Pemain yang kami bawa juga muda semua," kata Shin Tae-yong saat memberikan keterangan pers, Rabu (2/6/2021).

"Jadi pertandingan ke depannya bukan tentang wajib mendapatkan kemenangan, tetapi jujur saya melihat adanya harapan itu dan kami datang untuk bermain maksimal," ujarnya lagi.

Timnas Indonesia Latihan di DubaiTimnas Indonesia saat latihan di Dubai (dok PSSI)

Adapun Kushedya Hari Yudo dan Adam Alis yang kelahiran 1993 menjadi pemain tertua di skuad Timnas Indonesia kali ini. Tapi Kushedya dan Adam minim pengalaman di Timnas Indonesia level senior.

Mereka berdua akan memimpin dan menjadi contoh para pemain muda bersama Evan Dimas di Timnas Indonesia. Sementara itu, Shin Tae-yong punya alasan tersendiri mengganti mayoritas skuad Timnas Indonesia.

(Halaman selanjutnya, Shin Tae-yong yang keras dan tegas)