Indonesia Vs Vietnam: Park Hang-seo Detail Banget Amati Skuad Garuda

Randy Prasatya - Sepakbola
Senin, 07 Jun 2021 14:40 WIB
Pelatih Vietnam Park Hang-seo
Park Hang-seo sudah memantau Timnas Indonesia sejak berhadapan dengan Thailand. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Dubai -

Pelaith Vietnam, Park Hang-seo, sangat detail memantau kekuatan Indonesia. Dia bahkan tahu kalau cuma ada satu pemain Indonesia yang bermain di putaran pertama.

Indonesia berhadapan dengan Vietnam di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (7/6/2021) malam WIB, pada matchday ketujuh Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Tim Merah-Putih di laga ini bertindak sebagai tim tandang meski bermain di tempat netral.

Pada pertemuan pertama, yang berlangsung di Bali, Indonesia kalah 1-3 dari Vietnam. Tim besutan Park Hang-seo kala itu unggul 3-0 lebih dulu lewat gol-gol Do Dyun Manh, Que Ngoc Hai, dan Nguyen Tien Linh, sedangkan Indonesia cuma bisa memperkecil lewat Irfan Bachdim.

Indonesia tidak lagi sama dibandingkan dengan pertemuan pertama. Vietnam sadar betul dengan hal tersebut karena selain kini dibesut oleh Shin Tae-yong, pemain yang tampil di putaran pertama cuma ada Evan Dimas Darmono.

"Skuad Indonesia telah banyak berubah dibandingkan dengan leg pertama, dengan hanya satu pemain tersisa. Terakhir kali mereka memiliki pemain yang dinaturalisasi, tetapi sekarang tidak ada pemain yang naturalisasi lagi. Pelatih juga pelatih baru," kata Park Hang-seo seperti dikutip dari situs resmi VFF.

Skuad Indonesia yang dibawa oleh Shin Tae-yong banyak jebolan SEA Games 2019. Indonesia dan Vietnam saat ini dua kali bertemu di ajang tersebut, yakni pada fase grup dan di final. Vietnam memenangi keduanya.

"Saat ini, setahu saya mayoritas pemain Indonesia berasal dari angkatan yang berlaga di SEA Games tahun lalu dan ada tambahan sekitar 7-8 pemain. Ini adalah tim muda dengan semangat juang yang tinggi," sambungnya.

Indonesia berhasil meredam Thailand 2-2 pada matchday keenam beberapa hari lalu. Itu sekaligus menjadi poin pertama Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

"Saya pikir pelatih Shin Tae-yong melakukan pekerjaan yang sangat baik, ditunjukkan oleh fakta bahwa Indonesia menjaga keseimbangan yang baik antara serangan dan pertahanan," Park Hang-seo menegaskan.



Simak Video "Timnas Indonesia Karantina Cuma 5 Hari, Ini Alasan Ketum PSSI"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/aff)