Timnas Indonesia Keok, Luis Milla Disebut-sebut Lagi

Yanu Arifin - Sepakbola
Selasa, 08 Jun 2021 10:30 WIB
Luis Milla
Luis Milla saat melatih Timnas Indonesia. (Foto: Agung Pambudhy/Detikcom)
Jakarta -

Timnas Indonesia menuai kekalahan telak dari Timnas Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Usai laga itu, nama Luis Milla disebut-sebut lagi.

Indonesia vs Vietnam tersaji di matchday 7 Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Laga dihelat di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (7/6/2021).

Laga berjalan sulit buat Indonesia. Anak asuh Shin Tae-yong digempur sejak kick off hingga laga tuntas.

Setelah bisa menahan skor 0-0 di babak pertama, pertahanan Indonesia jebol juga di babak kedua. Empat gol bersarang ke gawang Nadeo Argawinata.

Berturut-turut gawang Indonesia dibobol Nguyen Tien Linh, Nguyen Quang Hai, Nguyen Cong Phuong, dan Van Thanh Vu.

Kekalahan ini jadi yang kedua ditelan Timnas Indonesia atas Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, setelah pada Oktober 2019 juga takluk 1-3 saat bermain di Bali. Total, Indonesia belum bisa mengalahkan The Golden Star Warrior di enam laga terakhirnya, dengan rincian dua kali imbang dan empat kali kalah.

Para pendukung Timnas Indonesia tampaknya mulai skeptis dengan kepelatihan Shin Tae-yong. Sebab, banyak yang kembali menyebut nama Luis Milla sebagai pelatih skuad Garuda yang cocok.

luis milla shin tae-yong timnas indonesia kualifikasi piala dunia 2022 zona asiaNama Luis Milla masuk dalam trending topic di Twitter usai laga Indonesia vs Vietnam. (Foto: Screenshot Trending Topic Twitter)

Dalam pertandingan melawan Vietnam, Indonesia dibuat mati kutu. Tak ada serangan yang terbangun rapi, dan di menit-menit akhir, permainan umpan-umpan panjang kembali terlihat, yang bisa diredam dengan mudah para pemain Vietnam.

Permainan itu membuat netizen Indonesia membanding-bandingkan gaya permainan timnas saat masih dilatih Luis Milla. Eks pemain Barcelona dan Real Madrid itu dinilai bisa membuat pemain Indonesia memainkan bola-bola pendek.

Luis Milla sendiri pernah melatih Indonesia pada 2017-2018. Dan usai laga Indonesia vs Vietnam, namanya kembali ramai dibahas, hingga menjadi trending topic.

Di Twitter, nama Luis Milla berjejer di posisi teratas sebagai kata kunci yang ramai dibahas. Namanya banyak dibahas netizen, yang merindukannya melatih timnas.

Meski begitu, Shin Tae-yong sendiri terbilang baru minim kesempatan melatih Timnas Indonesia Pelatih Korea Selatan itu bahkan baru melakoni laga resminya, saat Indonesia menahan Thailand 2-2 di matchday ke-6 Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

(yna/cas)