5 Fakta Usai Indonesia Vs Vietnam yang Berakhir dengan Skor Telak

Tim detikcom - Sepakbola
Selasa, 08 Jun 2021 12:45 WIB
indonesia vs vietnam timnas indonesia timnas vietnam kualifikasi piala dunia 2022 zona asia
5 Fakta Usai Indonesia Vs Vietnam yang Berakhir dengan Skor Telak. Foto: Dok. PSSI
Jakarta -

Indonesia Vs Vietnam berakhir dengan skor telak. Laga itu dimenangi Vietnam atas Indonesia 4-0. Berikut beberapa fakta usai laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 tersebut.

Dalam pertandingan di Al Maktoum Stadium, Dubai, Senin (7/6), timnas Indonesia arahan Shin Tae-yong harus mengakui keunggulan tim Vietnam yang mencetak keempat golnya di babak kedua.

Berikut 5 fakta usai laga timnas Indonesia Vs Vietnam:

1. Kekalahan terbesar Indonesia di tangan Vietnam

Sebelumnya, kekalahan paling telak yang dialami oleh Indonesia di tangan Vietnam adalah pada 15 Oktober 2019 lalu. Dalam pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada saat itu, timnas Indonesia yang masih dilatih Simon McMenemy harus mengakui keunggulan Vietnam dengan skor 1-3.

Dengan Indonesia kini tunduk dengan skor 0-4 dalam pertemuan teranyar di Dubai, hasil itu pun sekarang tercatat menjadi kekalahan paling besar yang dialami atas Vietnam.

2. Indonesia tak pernah menang di tiga pertemuan terakhir lawan Vietnam

Dengan kekalahan di Dubai dan di Gianyar sebelum ini, Indonesia sudah menelan dua kekalahan secara berturut-turut atas Vietnam. Hasil negatif bertambah karena sebelum dua pertemuan itu pun timnas Indonesia tak kuasa mengalahkan Vietnam.

Pada 7 Desember 2016, Indonesia harus puas dengan hasil imbang 2-2 ketika menghadapi Vietnam. Dengan kata lain, sudah tiga laga beruntun Indonesia tak bisa menjadi pemenang dalam pertemuan lawan Vietnam.

Sementara kemenangan terakhir Indonesia atas Vietnam juga terjadi di tahun 2016, tepatnya 3 Desember 2016. Dalam laga leg pertama semifinal Piala AFF 2016, Indonesia menang 2-1 di Stadion Pakansari.

3. Kekalahan ketiga Indonesia dari empat laga di tahun 2021

Sudah empat laga dijalani timnas Indonesia (senior) di tahun 2021. Belum ada satu kemenangan pun yang diraih.

Hasil terbaik yang ditorehkan timnas Indonesia pada tahun ini adalah dengan bermain imbang 2-2 lawan Thailand pada pekan lalu di partai kualifikasi Piala Dunia 2022.

Selain hasil seri itu, ada tiga kekalahan yang ditelan yakni di dua laga uji coba lawan Afghanistan (2-3) dan Oman (1-3), plus hasil kekalahan 0-4 lawan Vietnam.

4. Tiga dari empat gol Vietnam ke gawang Indonesia dicetak Nguyen

Dari empat gol yang digelontorkan Vietnam ke gawang Indonesia dalam pertemuan teranyar, tiga di antaranya dicetak oleh pemain yang mengusung identitas Nguyen.

Patut diingat bahwa Nguyen adalah nama yang lazim ditemui di Vietnam. Ketiga gol ke gawang Indonesia itu pun dicetak oleh Nguyen-Nguyen yang berbeda.

Secara berurutan ada Nguyen Tien Linh (gol menit ke-51), Nguyen Quang Hai (gol menit ke-62) dan Nguyen Cong PhÆ°ong (gol menit ke-67). Gol dari Vu Van Thanh di menit ke-74 melengkapi pesta gol Vietnam atas Indonesia.

5. Indonesia terbenam di dasar klasemen

Sebelum kekalahan lawan Vietnam, Indonesia sudah dipastikan finis sebagai juru kunci klasemen kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G zona AFC.

Usai laga Indonesia Vs Vietnam, skuad Garuda pun makin terbenam di dasar klasemen tersebut dengan torehan 1 poin hasil dari bermain imbang lawan Thailand.

(krs/mrp)