PT LIB: Format Liga 1 2021 Tetap Pakai Format dari Kongres

Mercy Raya - Sepakbola
Kamis, 10 Jun 2021 19:37 WIB
Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno
Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno. Foto: (PT LIB)
Jakarta -

Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, memastikan kompetisi Liga 1 2021 akan bergulir dengan format 6 seri.

Hal itu disampaikan Sudjarno setelah LIB, selaku operator liga, membahasnya dengan PSSI. Dia juga menegaskan, pihaknya tinggal mematangkan jadwal, hak dan kewajiban klub dan regulasi.

"Ya kemarin (9/6) kami rapat untuk membahas terkait dengan jadwal dan hak dan kewajiban. Untuk format Liga 1 tetap sesuai dengan kongres," kata Sudjarno kata pewarta dalam sambungan telepon, Kamis (10/6/2021).

Semula, Liga 1 sempat dikabarkan akan menerapkan sistem home-away dengan klub-klub Pulau Jawa bermain di kandangnya masing-masing. Kompetisi tetap di Jawa, tetapi formatnya diubah.

Namun, hal itu batal seiring hasil Kongres PSSI sebelumnya menjabarkan bahwa Liga 1 2021 bergulir dengan sistem series. Dimulai Juli 2021 dan berakhir pada Maret 2022.

Kemudian dipertegas kembali pada pemaparan PT Liga Indonesia Baru (LIB) saat menggelar Rapat Koordinasi dengan Polri, Senin (24/5/2021).

"Sekarang hak dan kewajiban (klub) masih dibahas, kami juga masih susun jadwal dan regulasi," lanjutnya.

Setelah semua sudah disiapkan, LIB akan mengundang perwakilan klub-klub Liga 1 guna membahasnya secara langsung.

"Kami juga akan ada pertemuan tatap muka dengan klub-klub Liga 1. Kami lakukan di bulan ini. Tapi untuk jadwal dan regulasi nanti akan kami kirim dulu ke klub-klub sebelum pertemuan tatap muka," Sudjarno menambahkan.

Adapun format series yang akan diterapkan rinciannya pertama seri Jakarta-Banten-Jawa Barat, kedua Jawa Tengah-Yogyakarta, ketiga Jawa Timur, keempat Jawa Timur, kelima Jawa Tengah-Yogyakarta dan terakhir di Jakarta-Banten-Jawa Barat.

Setiap serinya, PT LIB akan menentukan stadion mana saja bakal dipakai. "Ya kalau stadion di Pulau Jawa dan tentunya sudah memenuhi standar," jelasnya.

Sementara itu, mengenai jadwal kick off Liga 1 2021, Sudjarno menyebutkan tidak ada perubahan dan masih pada rencana awal yakni 10 Juli 2021.

(mcy/krs)