Optimisme Shin Tae-yong terhadap Masa Depan Timnas Indonesia

Muhammad Robbani - Sepakbola
Minggu, 13 Jun 2021 14:45 WIB
Sejumlah pemain Tim Nasional Indonesia melakukan sesi latihan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (11/5/2021). Latihan tersebut dipantau langsung Ketua Umum PSSI Mohammad Iriawan dan Kaesang Pangarep.
Optimisme Shin Tae-yong terhadap Masa Depan Timnas Indonesia. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Shin Tae-yong masih yakin dengan masa depan Timnas Indonesia. Dengan susunan materi pemain muda, Pasukan Garuda disebut sang pelatih masih bisa berkembang.

Timnas Indonesia pulang ke Tanah Air dengan catatan kebobolan 11 gol dan cuma mencetak dua gol. Timnas Indonesia pun sudah dipastikan menjadi juru kunci setelah meraih hasil imbang 2-2 melawan Thailand.

Sementara dua laga lainnya berakhir dengan kekalahan telak. Lawan Vietnam kalah 0-4, sementara lawan Uni Emirat Arab (UEA), kalah 0-5.

Tapi, kegagalan di tiga laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 tak melunturkan keyakinan Shin Tae-yong. Timnas Indonesia cuma meraih satu poin dari tiga laga setelah main sekali imbang dan dua kali kalah.

"Jujur kami tidak puas dengan penampilan kami selama babak kualifikasi ini. Padahal kami sudah melakukan persiapan dan latihan dengan baik. Kami juga banyak kalah dalam pengalaman bertanding," kata Shin Tae-yong di laman PSSI.

"Kita punya banyak pemain muda, sepakbola Indonesia punya harapan besar di situ, karena semua pemain muda. Seharusnya kami bisa lebih baik lagi, tapi pasti ke depannya tentu lebih baik, saya yakin itu," ujarnya.

Kualifikasi Piala Dunia bukan ajang terakhir yang akan dilakoni Timnas Indonesia tahun ini. Ada juga playoff Piala Asia 2023, Piala AFF 2020, dan SEA Games 2021.

Asisten pelatih Timnas Indonesia Choi In-cheul sependapat dengan Shin Tae-yong. Mereka sepakat masih akan mengandalkan tim yang sama untuk ajang-ajang selanjutnya. Tim yang ada sekarang sedang ia bangun untuk masa depan.

"Kami belajar dari pengalaman bertanding dan kekalahan ini, pasti nanti tim ini akan berkembang, karena pemain kami rata-rata berusia muda. Jadi ke depannya saya yakin sepakbola Indonesia akan menjadi lebih baik lagi," tutur Choi In-cheul.

(krs/yna)