Format Kualifikasi Piala Asia 2023 Dirombak, Indonesia Tetap Main Play-off

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 16 Jun 2021 17:50 WIB
Timnas Indonesia
AFC Rombak Format Kualifikasi Piala Asia 2023, Indonesia Tetap Main Play-off (dok.PSSI)
Jakarta -

AFC merombak drastis format Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan menyederhanakan babak play-off. Timnas Indonesia tetap harus memainkan babak play-off.

Seharusnya ada 11 tim yang terlempar ke babak play-off karena kegagalan mereka di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Rinciannya, mereka adalah empat tim peringkat keempat terburuk dan 7 tim juru kunci dari masing-masing grup (A-G).

Khusus Grup H tidak ada perwakilan juru kunci yang ke play-off karena Korea Utara mengundurkan diri dari Pra-Piala Dunia. Sebagai gantinya, Sri Lanka yang menggantikan Korea Utara ke babak play-off Piala Asia 2023.

Terkini, AFC membuat pengumuman bahwa 7 tim terbaik dari total 11 tim yang seharusnya main play-off, diloloskan langsung ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Mereka adalah Hong Kong, Maladewa, Sri Lanka, Nepal, Myanmar, Yaman, dan Bangladesh.



Sisanya, empat tim terburuk di Pra-Piala Dunia yakni Indonesia, Kamboja, Taiwan, dan Guam, tetap harus memainkan babak play-off. Timnas Indonesia dan Kamboja sama-sama menjadi juru kunci dan cuma meraih satu poin. Sementara Taiwan dan Guam jadi bulan-bulanan di grupnya masing-masing tanpa meraih poin.

Timnas Indonesia dan Kamboja ditempatkan ke Pot 1. Sementara Taiwan dan Guam ditempatkan di Pot 2. Play-off yang seharusnya digelar dua ronde menjadi satu ronde saja. Tetapi sistemnya tetap digelar dua leg pada 7 September (leg 1) dan 12 Oktober (leg 2).

Drawing akan digelar di markas AFC, Malaysia pada 24 Juni mendatang. Siapa yang akan menjadi lawan Timnas Indonesia akan diketahui setelah drawing itu. Kemungkinan lawan Timnas Indonesia adalah Taiwan atau Guam.

(aff/krs)