Indonesia Pertimbangkan Jadi Tuan Rumah Piala AFC Zona ASEAN

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 21 Jun 2021 16:53 WIB
Logo PSSI
Indonesia Pertimbangkan Jadi Tuan Rumah Piala AFC Zona ASEAN
Jakarta -

Indonesia berpotensi menjadi tuan rumah fase grup Piala AFC 2021 Zona ASEAN. PSSI menyambut tawaran AFC setelah Singapura mundur sebagai tuan rumah Grup H dan I.

Fase Grup Piala AFC Zona ASEAN tengah terancam pembatalan lantaran tak ada kejelasan soal pengganti Singapura yang mundur sebagai tuan rumah. Padahal, kick off Zona ASEAN bakal digelar akhir Juni ini.

Sekjen AFC Datuk Windsor Paul John dalam pernyataannya di Sinar Harian, menyatakan sudah menawarkan ke negara-negara ASEAN lainnya untuk menggantikan Singapura. Indonesia turut menerima tawaran tersebut.

Menurut pengakuan PSSI, tawaran datang dari AFC kepada para klub. Skenarionya, klub yang menjadi tuan rumah dengan mengajukan homebase yang mereka tunjuk. Selain itu tawaran itu juga datang ke federasi, dalam hal ini PSSI.

"Memang ada tawaran dari AFC ke klub untuk menjadi tuan rumah. Tetapi saat ini klub masih melihat kondisi COVID-19 di Indonesia," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada detikSport.

"AFC juga menawarkan ke federasi untuk menyelenggarakan itu. Makanya ini lagi kami koordinasi dengan teman-teman klub," ujarnya menambahkan.

Adapun Indonesia punya dua wakil di Piala AFC musim 2021. Mereka adalah Bali United yang tergabung di Grup G dan Persipura Jayapura yang masuk Grup H.

Sementara itu, Bali United sebelumnya sudah menyatakan bahwa mereka tak mungkin menjadi tuan rumah Piala AFC. Kandang mereka yakni Stadion Kapten I Wayan Dipta masih dalam tahap renovasi untuk menyambut Piala Dunia U-20 2021 yang ditunda ke 2023.

"Nggak juga karena kami tuan rumah yang Piala Dunia U-20 tahun 2023. Sekarang statusnya renovasi tapi mau mendekati 100 persen," kata General Manager Bali United,Indy Andrea Mumu pada 29 Mei lalu saat ditemui di Kongres PSSI di Jakarta.

Tetapi bisa saja Bali United menunjuk kandang lain, misalnya stadion-stadion yang ada di Pulau Jawa. Karena status tuan rumah tak mesti harus menunjuk kandang mereka sendiri.

Sementara Persipura belum ada kabar apakah mereka berminat menjadi tuan rumah. Di sisi lain, kondisi COVID-19 di Indonesia diprediksi bakal menyulitkan Bali United maupun Persipura untuk menjadi tuan rumah Piala AFC.

(aff/krs)